Cerita Mistis di Balik Buah Duren

IMG01104-20141212-1341 Tebing Tinggi, Empat Lawang – Berbagai sugesti atau anggapan masyarakat mengenai musim duren. Mulai dari seringnya batang duren disambar petir hingga bisnis duren suasana panas menjadi pembicaraan kosong pihak yang terlibat dalam pengolahan hasil komoditi itu. Namun, anggapan masyarakat yang cukup konyol ini terkadang memang terbukti pada kesehariannya.

“Mungkin anda tidak percaya, tapi memang kenyataannya begitu, salah satu contohnya batang duren menjadi langganan disambar petir selain pohon kelapa. Apa penyebabnya, mengapa sering disambar petir? Apa ada mistiknya? Kalau secara ilmu pengetahuan belum tau ya,” ungkap Ujang, salah seorang warga.

Cerita lain yang belum bisa diterima secara hukum akal, lanjutnya bisnis duren ini suasananya panas. Pasalnya, pelaku bisnis duren ini orangnya yang dulunya dingin menjadi rada-rada emosi. Tidak sedikit juga yang berkelahi bahkan berujung maut karena prihal duren. “Percaya atau tidak, orang-orang yang ikut berbisnis duren bawaannya mudah emosi, pemarah, tidak jarang juga sampai beributan bahkan berakhir dengan perkelahian. Nah, ini bagus jika dikaji atau dilakukan penelitian, apa hubungannya atau sebab akibatnya,” katanya sedikit bertanya.

Menurutnya, memang buah duren ini manis, karena itu warga ingin menikmatinya. Begitu juga berbisnis ini, berbagai tak tik, bahkan berlomba untuk mendapatkan duren dari petani dengan harga murah dan berharap penjualannya tinggi. Karena itu, mereka yang bergelut di dunia ini masuk dalam satu lingkaran emosi. Bila tidak menjadi pedagang yang sabar, maka akan berakhir dengan keburukan.

“Baru-baru ini ada tabrakan angkutan duren dengan bis di Lahat yang berakibat tewasnya sopir angkutan duren itu. Ya, itu tadi karena terlalu berambisi, sehingga memacu kendaraan dengan kecepat tinggi, akhirnya celaka,” katanya.(wwk/st2)

_________________________________________________________________________

Sumber : Tribun Sumsel

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Cerito Kite. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s