Program e-KTP, November, Mulai Cetak di Daerah

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Hasil rapat koordinasi kependudukan nasional 2014, direncanakan November mendatang sistem Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP sudah bisa langsung dicetak di daerah. Dengan demikian, mulai dari perekaman data hingga proses cetak bakal dilakukan di kabupaten/kota masing-masing.

“Ya, informasi dari rapat itu. November kita sudah bisa cetak di daerah, untuk E-KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Empat Lawang, H Kipli, Kamis (9/10).

Dijelaskannya, sejak dimulainya program e-KTP sampai sekarang, wajib KTP di Empat Lawang yang sudah melakukan perekaman data hampir 90 persen. Selebihnya belum, kemungkinan karena belum tahu dan kurang sosialisasinya.

Mengenai alat pencetakan sendiri lanjut Kipli, memang belum ada di daerah. Sehingga Disdukcapil Empat Lawang, masih menunggu petunjuk untuk proses pencetakan yang dilakukan November mendatang. Pasalnya, untuk proses pencetakan perangkat harus sudah bisa online. “Kesiapan perangkatnya dahulu yang utama, kita susah apalagi listrik sering padam,” sesalnya.

Kipli menambahkan, saat ini Disdukcapil tengah memulai kembali pendataan. Sasaran utama adalah warga yang belum merekam data diri e-KTP. Sementara untuk yang belum menerima fisik e-KTP, tinggal menunggu pencetakan saja dan masih bisa menggunakan KTP manual.

Disdukcapil Empat Lawang terangnya, bakal berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan/desa untuk mencari tahu warga yang belum merekam data diri. Sasaran diutamakan kepada masyarakat berusia lanjut atau uzur. “Yang tidak tahu dan kesulitan karena sudah tua akan mendapat perhatian lebih,” imbuhnya.

Informasi dihimpun menyebutkan, masih banyak wajib KTP di Empat Lawang, belum memilik e-KTP. Pasalnya, program dimaksud sempat terkendala sistem ditingkat kecamatan. Tidak sedikit alat perekaman e-KTP rusak atau hilang, selain itu kondisi listrik di sejumlah wilayah belum memungkinkan karena sering byarpet.

Keluhan lainnya, warga yang sudah mendapatkan e-KTP pun banyak yang kecewa. Karena hasil cetakan, terdapat kesalahan mulai dari tanggal lahir, nama, jenis kelamin dan alamatnya. Perbaikan juga belum jelas, terpaksan warga kembali menggunakan KTP manual dari Disdukcapil.
“Syukur kalau sudah bisa cetak sendiri, tentu akan lebih mudah membuat E-KTP. Kalau seperti sekarang repot, kita dibuat menunggu tanpa kejelasan,” sesal Yadi (40), warga Kelurahan Pasar Tebing Tinggi. (saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s