Awas, Beredar Materai Palsu ?

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Warga Empat Lawang mesti waspada dan teliti menggunakan materai jenis 6000. Pasalnya, ada sejumlah oknum sengaja menjual bebas materai jenis itu, yang diduga palsu. Biasanya, pelaku menjual lebih murah dikisaran harga Rp 4 ribu- Rp 5 ribu per lembar.

Pengalaman pahit pernah dirasakan Lenggang Alam (45), ia pernah tertipu membeli materai palsu. Salah satu kontraktor di Empat Lawang ini mengaku, akibat tertipu menggunakan materai palsu, pencairan dana pekerjaannya tertunda.

Dalam kasus ini Lengang menyebut, baru mengetahui jika materai tersebut palsu ketika hendak minta tanda tanggan ke pegawai di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) Empat Lawang, beberapa minggu yang lalu. Namun Dinas PU CK, tidak mau menandatangani karena setelah diteliti materai tersebut palsu.

Sepintas sebut Lenggang, materai palsu tersebut sama persis dengan yang asli. Materai palsu yang sempat ia beli tersebut jelas Lenggang juga ada hologram pengaman di tulisan DJP. Tetapi hologram tersebut jika yang asli, akan berubah warna jika dilihat dari sisi yang berbeda sedangkan yang palsu tidak bisa berubah warna.

“Saya nitip dengan teman beli materai itu. Belinya dengan agen, namanya panggilannya LK di Talang Padang. Harganya lebih murah yakni Rp 5 ribu per lembar, sehingga saya beli sebanyak 30 lembar. Saya sebenarnya sudah curiga, karena harga materai berkisar Rp6 ribu-Rp 7 ribu perlembar,” aku Lenggang.

Akibat menggunakan materai palsu itu, proses pencairan dana tertunda ditambah lagi sebagian surat-surat yang sudah dan menggunakan materai itu harus dirombak semua menggunakan materai asli.

“Banyak kontraktor yang tertipu, yang jelas kami sebagai kontraktor dirugikan. Kami berharap dispenda berhati-hati melakukan pencairannya berikutnya,” ujarnya seraya menyebut kejadian itu sudah dilaporkannya secara lisan ke Kepolisian Resort (Polres ) Empat Lawang. (saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s