2015, RSUD Empat Lawang Operasional

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Tak lama lagi, masyarakat di Kabupaten Empat Lawang tak perlu lagi ke Lahat atau Pagaralam guna mendapatkan perawatan kesehatan. Itu karena Empat Lawang bakal segera memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sendiri.

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) optimis mulai 2015, RSUD tersebut sudah operasional. Keyakinan itu didasari hasil peninjauan pembangunan RSUD di Jalan Poros HM Noerdin Panji, yang kini sudah mencapai 70 persen.

RSUD Empat Lawang sendiri, dibangun dengan sistem anggaran tahun jamak bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dengan anggaran senilai Rp 100 Miliar. “Di 2013, kita dapat bantuan Rp 15 miliar. Nah di tahun kedua, kita anggarkan Rp 60 Miliar di APBD Empat Lawang,” kata HBA yang dibincangi disela-sela meninjau RSUD Empat Lawang, Selasa (30/9).

Namun kata HBA, pelayanan di RSUD Empat Lawang tersebut akan maksimal baru pada 2016. Sebab jelas HBA, meskipun progres pencapaian akhir kontrak tinggal tiga bulan lagi, atau awal 2015 sudah rampung namun diperlukan persiapan dan pelengkapan fasilitas lain seperti interior, meubeler dan alat kesehatan.

Selain itu Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus dipersiapkan matang. Barulah nanti pelayanan maksimal, bisa dilakukan ke masyarakat. “Intinya kita berupaya secepatnya, karena bidang kesehatan termasuk dalam visi dan misi utama Empat Lawang Emass nan Gemilang,” sebutnya.

HBA menambahkan, bentuk bangunan RSUD Empat Lawang berbeda dengan bangunan perkantoran lainnya. RSUD ini jelasnya, bakal memiliki fasilitas termegah dan terlengkap jika dibandingkan dengan perkantoran lainnya di Empat Lawang. Apalagi sebut HBA, konsep pembangunannya mengedepankan seni dan keindahan ditambah letak geografis bangunan RSUD yang berada di dataran tinggi dan bisa terlihat dari kejauhan.

Ia juga menerangkan, hasil dari tinjauannya saat gedung utama RSUD hampir rampung. Nantinya gedung utama itu akan diperuntukkan bagi kantor administrasi, Unit Gawat Darurat (UGD) dan ruang pasien rawat inap.

Selain itu ada perumahan untuk dokter dua unit, serta beberapa bangunan fasilitas lainnya seperti ruang alat kesehatan. “Sudah dicek betul sistem kerjanya, mereka lembur siang dan malam. Sehingga saya yakin, akan rampung sesuai jadwal dan masa kontrak kerja,” imbuhnya.

Ditanya mengenai konsep pelayanan kesehatan jemput bola sebut HBA, program itu akan mulai diterapkan tahun 2015. Namun karena rentang jauh antara kecamatan dan ibukota, makanya akan dibagi dalam tiga zona.

Antara lain zona satu Kecamatan Tebing Tinggi, Saling dan Talang Padang. Zona kedua, Kecamatan Ulu Musi, Paiker dan Sikap Dalam. Terakhir zona ketiga untuk Kecamatan Pendopo Induk dan Pendopo Barat, Muara Pinang dan Lintang Kanan. “Jika RSUD sudah ada, kita akan langsung meminta semua kekurangan baik alat kesehatan dan SDM nya ke pusat,” bebernya.

Bagaimana dengan gedung RSUD lama di Desa Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi ? HBA mengaku, saat ini masih mengunggu proses hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel).
Jika telah dihibahkan, bangunan tersebut akan dijadikan fasilitas pendidikan berupa Akademi Keperawatan (Akper) dan Akademi Kebidanan (Akbid). Jika memungkinkan, juga akan di manfaatkan sebagai fasilitas Sekolah Menengah Kejuruan (SKM).

“Yang jelas bangunan RSUD Terusan itu cocok dialih fungsikan untuk pendidikan, ya itu tadi bisa Akper, Akbid atau SMK diperluas. Kita tunggu dulu proses hibah dari Pemprov Sumsel,” tukasnya. (saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s