Pencuri Penroll KA Tertangkap Saat Beraksi

Saling, Empat Lawang – Leswan (27), warga Sukakaya, Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang tidak bisa mengelak ketika tertangkap tangan oleh Jajaran kepolisian resort (Polres) Empat Lawang, Kamis (25/9) malam sekitar pukul 21.00 WIB tengah membawa besi pengklam (pen roll) rel Kereta Api (KA) hasil pencurian.

Tersangka yang diciduk bersama barang bukti penroll sebanyak enam karung kecil dan satu buah palu besar ke Mapolres Empat Lawang untuk dimintah mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Di hadapan petugas dan awak media, Jumat (26/9) tersangka mengaku, dirinya hanya bertugas sebagai pengangkut hasil curian itu dari tempat persembunyian wilayah hutan Desa Sukakaya ke pinggir jalan untuk dijual. Dari jasa pengangkutan itu, dirinya menerima uang yang tak ditentukan.

“Saya baru dua kali mengangkut, yang pertama cuma dikasih Rp 36 ribu, namun yang kedua ini belum menerima uang sudah keburu tertangkap,” kilahnya.

Menurut Dia, yang bertindak sebagai pencuri pen roll tersebut, yakni Soh dan Hil yang sekarang masih DPO. Mereka biasanya beraksi di sepanjang rel KA Tebing Tinggi – Lubuk Linggau, yakni di lokasi Desa Sukakaya dan Tabah Kebon. Dirinya sendiri membawa hasil pencurian bila sudah diminta oleh So dan He.

“Saya tidak tau waktu mereka beraksi, karena saya mengangkut bila barangnya sudah ada dan saya baru dua kali, yang pertama sekitar 4 hari lalu,” katanya.

Kapolres Empatlawang, AKBP M Ridwan SIk didampingi Kasatreskrim, AKP Nanang Supriyatna membenarkan jajaran Polres Empat Lawang telah mengungkap sindikat pencurian pen roll rel KA setelah mendapat laporan dari pihak PT KAI.

Disampaikannya kepolisian sebelumnya telah menerima empat laporan kepolisian (LP) atas terjadinya pencurian pen roll, yakni pada laporan pertama sebanyak 700 buah, kedua 1.200 buah, ketiga 303 buah dan keempat 493.

“Kita sudah menangkap salah satu tersangka, Leswan berikut barang bukti untuk diproses lebih lanjut. Ini sudah masuk kategori pencurian dengan pemberatan (Curat), karena akibat yang ditimbulkan sangat fatal, bisa menyebabkan KA anjlok bahkan terbalik hingga menyebabkan ratusan korban jiwa,” ungkapnya.

Dari hasil pengembangan penyelidikan, identitas pelaku diketahui yakni inisial Soh, Her dan Hil. Selain itu, oknum kadus diduga selaku penyuruh sekaligus penadah. Keempatnya masuk DPO dan akan terus dikejar.

“Kita sudah melakukan penggerebekan kediaman oknum kadus, namun tak membuahkan hasil. Hasil pencurian ini diduga dijual ke Muarakelingi, Kabupaten Musirawas,” ungkapnya. (021)

——————————————

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Hukum dan Kriminalitas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s