Pulau Emas Bakal Jadi Icon Daerah Empat Lawang

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) meyakini, konsep pembangunan Pulau Emas di Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, bakal menjadi icon daerah. Proyeksi tersebut disusul penyediaan site plan sesuai kultur wilayah, objek pembangunan dan wisata daerah.

Menurut HBA, design engineering detail (DED) pembangunan dan pengembangan Pulau Emas sudah disiapkan. Kini site plan untuk beberapa tahapan kerja, juga sudah disiapkan oleh konsultan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang sendiri, telah membahas dan mengkaji secara komprehensif agar pembangunan dilakukan nantinya tidak sembarangan dan mesti efektif.

“Pembangunan dan pengembangan Pulau Emas dengan luas hingga 19 hektar itu nanti, kedepannya layaknya bergambar moncong kepala perahu. Itu mensimbolkan bahwa nantinya, akan berlayar sepanjang masa di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati,” kata HBA pada pemaparan konsultan pembangunan Pulau Emas di ruang rapat Pemkab Empat Lawang, baru-baru ini.

HBA menerangkan, di arah depan kepala perahu akan dibangun sebuah masjid yang bisa dijadikan pusat ibadah bagi seluruh wisatawan. Masjid itu juga jelas HBA, akan menjadi Islamic Center di Empat Lawang. “Masjid itu, akan dibangun diarah kepala perahu. Itu simbol, agar wisatawan dan masyarakat semuanya diberkahi Allah SWT,” terang HBA.

HBA menjanjikan, pada anggaran 2015 sudah membangun jembatan dari arah Pasar Tebing Tinggi menuju Pulau Emas, dengan menelan dana Rp 24 milyar. Nah, jembatan ini merupakan langkah awal pembangunannya. Karena jembatan itu, menjadi sarana transportasi menuju ke Pulau Emas.

Kemudian pembangunan turap, diarah kepala perahu berfungsi sebagai penopang kekuatan Pulau Emas, apabila adanya hantaman saat debit air meninggi. Disamping itu pula ada wisata kuliner yang nantinya menjadi penambahan ekonomi masyarakat. Pada lokasi itu juga nanti dirancang lokasi pasar yang strategis, untuk pedagang dan arena arena permainan.

“Asumsi kita bahwa APBD Empat Lawang, Insya Allah terus mengalami peningkatan. Sehingga tidak akan mengganggu dana APBD, yang telah dialokasikan. Jadi pemerintah optimis pembangunan dan pengembangan Pulau Emas itu kelar pada 2018 mendatang,” ungkap HBA seraya berharap adanya dukungan doa dari masyarakat Empat Lawang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) Empat Lawang, Syaiful Natsir menambahkan, perencanaan pembangunan dan pengembangan Pulau Emas itu semuanya sudah dimasukkan dalam agenda pemerintah, dalam hal ini telah ditindaklanjuti oleh Dinas PU CK.

“DED turap dan bendung, kemudian studi kelayakan pengembangan Pulau Emas juga sudah dibahas. Selanjutnya proses Amdal kawasan Pulau Emas. Insyaallah 2015 sudah mulai bergerak membangun jembatan oleh pemerintah melalui PU BM. Kemudian secara fisik turap dan masjid Agung oleh PU CK,”terang Syaiful.

Selain itu juga telah menindaklanjuti rencana tata bangunan dan lingkungan (RTBL), dan rencana ruang terbuka hijau (RTH), membuat perencanaan pengolahan limbah, dan tentunya DED masjid.

“Kuba pembangunan masjid itu juga nantinya seperti bentuk telur emas yang melambangkan harapan tentang emas, yang dijaga oleh empat pilar yang melambangkan Kabupaten Empat Lawang,” tukasnya. (saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pulau Emas Bakal Jadi Icon Daerah Empat Lawang

  1. Meri hermiati berkata:

    Saya bangga sebagai putri empat lawang, karena saat ini empat lawang sudah banyak mengalami perubahan, terus maju dan jaya selalu, salam selalu buat jurnalistik yang selalu aktif dan kreatif dalam kerjanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s