Izin Pemakaian Hutan Lindung untuk Pembangunan Jalan Akhirnya Didapatkan

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Pembangunan jalan kabupaten dari Desa Tanjung Raman, Kecamatan Pendopo hingga ke Desa Talang Padang, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), bakal segera rampung. Sebab, izin penggunaan hutan lindung untuk pembangunan jalan tersebut, sudah dikantongi dari Menteri Kehutanan (Menhut).

Izin tersebut menurut Kepala Dinas Kehutanan, Perkebunan, Pertambangan dan Energi (Dishutbuntamben), H Susyanto Tunut, sudah didapatkan dari Menhut sejak Agustus lalu. “Sudah ada izin pinjam pakai hutan lindung, untuk melanjutkan pengerjaan jalan sepanjang 15,27 kilometer atau sekitar 9,25 hektar,” kata Susyanto ketika dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (18/9).

Pengurusan izin itu aku Susyanto, memakan waktu hingga empat tahun. Akhirnya disetujui, karena demi kepentingan pengembangan akses bagi masyarakat. Namun sebutnya, ada beberapa kewajiban bagi Pemkab Empat Lawang, terkait izin pemakaian hutan lindung tersebut.
Diantaranya kewajiban menanam dan melakukan rehabilitasi hutan seluas yang digunakan, ditempat lain, yang masih terhitung kawasan hutan lindung. Pemkab Empat Lawang juga di wajibkan, membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang perlindungan hutan di kawasan hutan lindung.

Menhut pun jelas Susyanto, memerintahkan Dishutamben Empat Lawang untuk melakukan pengawasan serta melaporkannya secara berkala, kondisi hutan lindung yang terpakai. “Itu beberapa kewajiban harus dipenuhi, yang terpenting harus kita awasi jangan sampai pembangunan jalan yang dikerjakan salah dari lokasi yang diizinkan itu merusak kawasan hutan lindung,” ucapnya.

‪Ditambahkan Susyanto, pihaknya bersyukur izin pinjam pakai hutan lindung tersebut sudah ditandatangani sebelum berakhirnya masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebab jika tidak, bisa saja menunggu kementrian baru. Jika itu terjadi, maka akan lebih sulit dan memakan waktu panjang.

Makanya lanjut Susyanto, pihaknya akan lebih memperketat pengawasan apalagi jika jalan sudah bagus, akan disosialisasi larangan penebangan tanam tumbuh disekitarnya. Bahkan selain membuat patok juga dibangun parit gajah. “Pada prinsipnya aktivitas produksi masyarakat perkebunan ataupun pertanian harus berjalan sesuai ketentuan dan tidak mengganggu fungsi hutan itu sendiri,” imbuhnya.

Sebelumnya Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) mengakui, pengerjaan akses kabupaten berupa jalan lingkar dari Desa Tanjung Raman kecamatan Pendopo menuju Desa Talang Padang Kecamatan Paiker terkendala beberapa tahun. Pasalnya, ada sekitar 15 kilometer masuk ke wilayah hutan lindung, sementara untuk pergeseran ke lokasi lain dirasakan sulit.

Akses sepanjang lebih kurang 60 kilometer sebut HBA, sangat penting bagi masyarakat. Sebab, akan memaksimalkan perkembangan pembangunan wilayah disekitarnya. “Alhamdulillah selama empat tahun penantian, akhirnya izin hutan lindung menembus jalan ini turun,” ucap HBA seraya menambahkan secepatnya pembangunan jalan dirampungkan.

Selain di kawasan hutan lindung tadi, HBA memastikan jalan lainnya sudah dikerjakan, sehingga pengerjaan dapat disambung dalam waktu dekat ini juga. “Insya Allah di 2015, jalan sudah bisa dilalui, dan akan memotong waktu minimal 1,5 jam dari jalan memutar sebelumnya,” tukasnya. (saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s