Antisipasi Musim Penghujan, Koramil 405/01 dan Warga Siapkan 60 Lubang Resapan Biopori

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Mengantisipasi musim penghujan nanti, tempat-tempat yang kerap menjadi langganan banjir di Kecamatan Tebing Tinggi, mulai menjadi perhatian khusus. Jum’at (19/9), Koramil 405/01 Tebing Tinggi bekerjasama dengan Kelurahan Kupang, membuat lubang resapan biopori.

Program dari pemerintah pusat itu dilaksanakan di halaman SD Negeri 31, Kelurahan Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi. Di halaman sekolah yang dekat dengan pemukiman warga itu, sedikitnya ada sekitar 60 lubang resapan biopori yang nantinya akan berguna untuk resapan air.
“Daerah sini (Kupang,red) memang sering banjir jika sudah masuk musim penghujan,” ungkap Danramil 405/01 Tebing Tinggi, Kapten Inf Subianto melalui Batuud, Serma Suhardi yang ditemui dilokasi pembuatan lubang resapan biopori.

Di wilayah Empat Lawang sebutnya, total pembuatan lubang resapan biopori ini sekitar 14.280. Jumlah tersebut dibagi semua koramil yang ada wilayah Empat Lawang. Namun untuk sementara titik-titik pembuatan lubang difokuskan di sekolah, masjid atau mushola dan pemukiman warga.
“Selain disini, di Pulau Emas, kawasan Sungai Lidi yang merupakan daerah rawan banjir sudah kami buat lubang resapan biopori. Nanti daerah-daerah lainnya juga akan kami kerjakan
Dijelaskan Suhardi, lubang resapan biopori itu berkisar antara 0,5 hingga 1,5 meter. Setelah itu lubang akan diisi sedikit sampah organik sehingga bisa menjadi pupuk kompos. Sampah organik pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah yang nantinya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah.

“Sampah-sampahnya seperti rumput-rumput, bekas nasi atau mie. Selain menjadi resapan air, tanah juga akan subur. Kami juga memberi contoh dan memperkenalkan kepada warga jika ada warga yang ingin membuatnya sendiri di halaman rumah atau kebunnya,” tukasnya. (saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.