Kejaksaan Bidik Disdik Empat Lawang

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebing Tinggi, kini membidik adanya dugaan korupsi di Dinas Pendidikan (Disdik) Empat Lawang. Dugaan adanya penyalahgunaan uang negara di Disdik itgu, didapatkan kejaksaan dari laporan masyarakat.

Berdasarkan laporan yang disampaikan akhir Juli lalu kata Kepala Kejari Tebing Tinggi, Azwad Z Hakim melalui Kasi Datun, Taufik Farza, diduga ada penyimpangan dana kualifikasi pendidikan guru, serta dana pengembangan bakat dan kreatifitas siswa tingkat SD tahun 2012.

Namun Taufik, enggan menyebut laporan itu disampaikan oleh siapa. Yang pasti jelas Taufik, dalam dua program tersebut dana yang dikucurkan mencapai Rp 1,2 miliar lebih. “Kita baru pengumpulan data, dalam waktu dekat semua pihak terkait dugaan ini akan dipanggil untuk di klarifikasi,” ungkap Taufik ketika dibincang di ruang kerjanya, Rabu (17/9).

Berdasarkan laporan ? sebut Taufik, ada dugaan penyimpangan aliran dana kualifikasi pendidikan guru, misalnya penerima tidak sesuai ketentuan bahkan ada juga tercatat sudah meninggal. Secara keseluruhan kucuran dana dari pusat untuk program ini mencapai Rp 1 miliar lebih. Penerimanya sendiri, ada sekitar 400 guru PNS dan honorer. Nah, untuk dugaan penyimpangan dana pengembangan bakat dan kreatifitas siswa tingkat SD, pihak kejaksaan juga masih menunggu hasil klarifikasi semua pihak terkait. Mengenai total anggarannya sebesar Rp 150 juta.

“Ini sifatnya laporan, kita dalami dan klarifikasi dulu ke pihak Disdik Empat Lawang,” kata Taufik.

Sementara itu, Kepala Disdik Empat Lawang, Agusni Effendi ketika dikonfirmasi mengaku, tidak bisa berkomentar banyak. Sebab kata dia, program itu ada di tahun 2012. Saat itu jelasnya, ia belum bertugas di Disdik Empat Lawang. “Nanti konfirmasi saja ke pejabat yang bertugas sewaktu itu, saya tidak bisa klarifikasi banyak, takut nanti salah bicara,” ucap Agusni.

Namun, beberapa pejabat di lingkungan Disdik yang dibincangi Kabar Sumatera menyebut, dugaan korupsi yang tengah diselidiki Kejari Tebing Tinggi itu ada pada program 2012. “Program tersebut, didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ungkap salah satu pejabat dilingkungan Disdiki Empat Lawang yang tak mau namanya disebut. (saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s