Masyarakat Talanggunung Dambakan Fasilitas Air Bersih

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Masyarakat Talanggunung Kelurahan Jayaloka Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Empatlawang, mendambakan sarana dan prasarana air bersih. Sebab beberapa Kampung, RT dan RW di tempat itu sangat kekurangan air bersih, dan bahkan beberapa tempat harus berjalan kaki hingga 1 sampai 2 Km menuju ke sumber air bersih.

Seperti masyarakat kampung SMAN 2 dan Kampung Harapan Talanggunung, disana kesulitan air bersih terlihat dari beberapa warga harus mengambil air bersih ke sungai Cemekup yang berjarak hampir 1 sampai 2 Km dari kampung tersebut.

Zul (39) warga Kampung Harapan RT 3 RW 3 Talanggunung kelurahan Jayaloka, mengaku harus mengambil air bersih ke sungai Cemekup yang berjarak kurang lebih 1 KM. “Kami setiap harus berjalan kaki mencari air bersih ke Cemekup, kalau sumur gali ada cuman dalamnya sampai 16 meter, bila hari kemarau sumur kering,” ungkap Zul kepada Media ini, Rabu (27/8).

Senada dengan itu, Sopian (55) juga mengakui kalau keluarganya harus berjan kaki sampai 1 Km ke sumber air bersih untuk keperluan mencuci dan memasak, karena menurutnya di lokasi tempat tinggalnya jauh dari sungai atau sumber air bersih. “yang terdekat cuma Sungai Cemekup, jaraknya sekitar 1 Km. Ya, mau tidak mau kami harus kesana apalagi bila sedang musim kemarau,” akunya.

Ia berharap jika di sekitar tempat tinggalnya Pemerintah dapat membangun sarana dan prasarana air bersih, seperti pipanisasi dan pemasangan instalasi pengelolaan air bersih (IPA), agar kesulitan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya dapat teratasi.

Kepala Dinas PUCK Kabupaten Empatlawang, A Syaiful Natsir mengaku siap merespon permintaan warga untuk membuat sarana dan prasarana air bersih karena itu masuk dalam prioritas utama Dinas yang Ia pimpin.
Namun demikian, pihaknya akan melihat dulu potensi debit air bakunya apakah memadai atau tidak untuk pemasangan Instalasi air bersih dan juga termasuk banyak atau tidak masyarakat penggunanya kelak jika sudah terbangun agar tercapai pemaksimalan azas manfaat. “Kita lihat dulu masyarakat calon pengguna, banyak atau tidak termasuk debit air bakunya, memadai atau tidak, jika sesuai Kita siap bantu,” jelas Syaiful ketika dibincangi di ruang tugasnya.

Selain itu Syaiful menghimbau masyarakat yang telah dibangun sarana dan prasaran air bersih untuk dapat memaksimalkan fasilitas yang sudah dibangun disekitar tempat tinggalnya. Sebab menurutnya banyak fasilitas yang telah dibangun tidak dimanfaatkan maksimal bahkan cendrung tidak terawat bahkan terbengkalai. “Kita menghimbau agar masyarakat dapat merubah kebiasaan buruk, sudah banyak fasilitas MCK yang dibangun namun sayang tidak dimanfaatkan secara maksimal, harusnya masyarakat menjaga, merawat, dan memanfaatkan dengan baik, karena itu dibangun untuk masyarakat itu sendiri,” cetusnya. (ozi)

——————————————

Sumber : Radar Nusantara

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s