Belum Ada ISIS di Empatlawang

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Keberadaan organisasi Islamic States of Iraq and Syria atau Negara Islam Irak dan Syiria (ISIS) baik anggota maupun simpatisan, belum terdeteksi di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Empatlawang, Drs. Khusrin di Tebingtinggi, Selasa (12/8).

Menurutnya, cara-cara yang digunakan gerakan ini penuh dengan kekerasan, militan dan radikal serta tidak mencerminkan ajaran dalam agama Islam yang Rahmatan lil Alamin, “jelas kita menolak faham tersebut masuk ke empatlawang,” tegasnya.

Dikatakannya, pihak Kemenag Empatlawang akan selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak se-Kabupaten Empatlawang melalui Seksi Bimas Islam agar selalu mensosialisasikan kepada masyarakat dan selalu memberikan informasi tentang keberadaan ISIS tersebut jika ada ditengah-tengah masyarakat di Kabupaten Empatlawang. Apalagi menurutnya pihak Kanwil Kemenag Sumsel sendiri jauh-jauh hari telah mengeluarkan Pers Release tentang keberadaan ISIS bahwa organisasi ini bersifat ekstrim dengan menggunakan kekerasan demi memperjuangkan apa yang diyakininya.

“Kanwil Kemenag Sumsel telah menegaskan sikapnya bahwa organisasi ini bersifat ekstrim dengan menggunakan kekerasan demi memperjuangkan apa yang diyakininya, jelas kita akan sosialisasikan kepada masyarakat jangan sampai ikut-ikutan masuk ke ajaran itu,” ujar Khusrin.

Senada dengan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Empatlawang, M Toha menjelaskan ajaran ISIS kurang pas di Indonesia, untuk itu dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tidak cepat menerima begitu saja ajaran yang baru seperti ISIS dan bukan ISIS yang mungkin bertentangan dengan ajaran Islam yang selalu berpedoman dengan Alqur’an dan Alhadis. Untuk itu pihaknya menekankan kepada masyarakat tetap waspada yang kemungkinan adanya penyusup pemecahbelah umat.

“ya, mungkin untuk mereka (ISIS-Red) biasa, kalau kita kan belum tau ajarannya gimana, karena itu jangan sampai kita terima begitu saja ajaran yang baru, apakah itu isis ataupun bukan isis, intinya kita tetap berpedoman dengan alqur’an dan hadis setiap kali menemukan ajaran yang baru,” tegasnya.

Sementara, Kapolres Empatlawang, AKBP M. Ridwan SiK melalui Kasat Reskrim, Nanang Supriatna menegaskan pihaknya belum mencium keberadaan ISIS di Kabupaten Empatlawang.
Namun demikian seiring dengan semakin marak pemberiataannya di Indonesia akhir-akhir ini perlu diwaspadai, apalagi disebutkan dan dikait-kaitkan dengan pendirian organisasi ISIS di berbagai daerah di Indonesia.

“untuk saat ini kondisi emnpatlawang masih kondusif, untuk ISIS belum ada embrionya di empatlawang, namun demikian kita tetap waspada karena pergerakan mereka itu sulit terdeteksi di masyarakat, karena memang tidak memiliki ciri-ciri khusus,” ujar Nanang.

Ditegaskannya, keberadaan ISIS itu mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, tentu pihaknya tidak akan memberi ruang kepada pihak-pihak yang cendrung radikal seperti ISIS. “ini yang perlu kita waspadai, keberadaan kelompok radikal semacam itu tersamarkan, jangan sampai mereka leluasa menyebarkan ajaranya di masyarakat,” tegasnya.

Ditambahkan Nanang, pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Empatlawang merasa perlu merangkul dan berkoordinasi dengan berbagai elemen pemerintah, tokoh agama dan masyarakat agar penyebaran organisasi ISIS tidak masuk ke Empatlawang.

”secara khusus kita belum berkoordinasi dalam hal ini Kankemenag Empatlawang namun secara umum kita telah bertukar informasi dan kedepan akan kita bentuk tim untuk menangkal penyebaran isis dan sejenisnya, sekaligus bersama-sama mensosialisasikan tentang bahaya organisasi isis ini terhadap masyarakat,” terang Nanang seraya menambahkan agar masyarakat dapat melaporkan kepada Polres Empatlawang jika mengetahui keberadaan ISIS dan sejenisnya di lingkungan tempat tinggalnya. (ozi)

——————————————

Sumber : Radar Nusantara

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s