Kerusakan Jalan Provinsi Terkesan Disengaja

Tebing Tinggi – Kerusakan beberapa titik jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang, terkesan disengaja. Diduga itu dilakukan oleh oknum untuk mencari keuntungan, dengan alibi menarik retribusi jalan pada titik kerusakan tersebut.

Berdasarkan temuan tim Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Sumsel, ada beberapa titik badan jalan yang sengaja dilubangi oknum tak bertanggungjawab. “Temuan kita, ada badan jalan yang sengaja dilubangi, seperti didekat pos linmas. Ini kan tidak perlu,” sesal Kepala Dinas PU BM Sumsel, Rizal Abdullah, baru-baru ini.

Berdasarkan temuan ini menurut Rizal, gubernur menghimbau kepada kepala desa (kades) di Empat Lawang, untuk ikut mengawasi kondisi jalan provinsi di kabupaten tersebut. Kades pun diminta untuk menghimbau warganya, agar tidak merusak badan jalan.

Menurutnya, kerusakan jalan itu menyebabkan ketidak nyamanan pengendara, malahan bisa menimbulkan kemacetan lalu lintas. Apalagi aksi penyetopan oleh petugas linmas pada titik badan jalan, yang sengaja dirusak.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat di Kabupaten Empat Lawang akan dibangun kembali perbaikan jalan dengan tiga zona dan menggunakan cara regular maupun secara program jamak.

Selain itu bebernya, Dinas PU BM Sumsel juga akan melakukan pelebaran jalan. Salah satunya diperbatasan Kota Pagaralam hingga Kecamatan Pendopo. Jalan di kawasan tersebut, akan dilebarkan sepanjang satu meter di kanan dan kiri jalan.

Pelebaran jalan ini jelasnya mendesak, karena intensitas kendaraan semakin meningkat dari Pagaralam menuju Empat Lawang dan sebaliknya. Selain itu sebut Rizal, pembangunannya juga akan dilakukan berbagai cara, titik rawan longsor dimungkinkan akan dibangun arus airnya di bawah jalan sehingga air tidak menabrak pondasi. “Ada beberapa titik akan dibangun nantinya, dengan memberikan celah bagi air,” paparnya.

Kata Rizal, pemprov berharap dengan akses jalan lalu lintas mudah, masyarakat juga akan senang dalam bertransportasi dan peluang investasi ekonomi akan meningkat. Tentunya, jika sudah dibangun tidak boleh dirusak lagi.

Sementara itu Bupati Empat lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) mendukung rencana pembangunan jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang. “Ya kita bagi tugas, jalan kabupaten kita bangun, kalau jalan provinsi itu ranahnya pak gubernur. Alhamdulillah kita dibantu,” kata HBA seraya meyakinkan kedepan para camat dan kades ditekankan agar memberi arahan pengawasan kondisi jalan diwilayahnya masing-masing. (saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s