Kinerja Kejari Dipertanyakan

Tebing Tinggi – Kinerja Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tebing Tinggi, menuai sorotan beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak dibidang anti korupsi. Pasalnya, beberapa tahun sejak berdirinya Kajari, belum ada satupun kasus korupsi di Empat Lawang naik ke meja hijau.

Ketua LSM Revolusioner Kabupaten Empat Lawang, Achmad Zarkasih menyebut, bukan rahasia umum jika tindak pidana korupsi di Empat Lawang ada. Semua itu sudah jelasnya, dilaporkan oleh berbagai LSM ke Kejari Tebing Tinggi namun tak satupun kasus tersebut sampai ke pengadilan.

Ia menduga ada permainan oknum kajari dengan para terlapor. “Dalam setahun setelah Kejari berdiri, tidak ada kasus korupsi yang naik ke pengadilan. Kami menduga jangan-jangan ada main, antara terlapor dengan oknum di Kejari,” ungkap Zarkasih, Rabu (16/7).

Wajar terangnya, jika para aktivis anti korupsi di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati mempertanyakan kinerja aparat kejaksaan. Karena sudah setahun sejak dinaikan status dari Kacabjari menjadi Kejari Tebing Tinggi, belum satupun menuntaskan kasus korupsi.

“Ini kemuduran kinerja para penegak hukum di Kejari, dibanding saat masih berstatus Kacabjari dulu,” jelasnya.

Kalau Polres ? sebut Zarkasih, wajar jika belum menuntaskan satupun kasus korupsi di Empat Lawang. Sebab Polres Empat Lawang, belum memiliki tim ahli mumpuni di Satuan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Hal senada dikatakan Ketua LSM LIPPAN-RI Kabupaten Empat Lawang, Muhar Sosiba. Ia juga mempertanyakan lambannya penangan kasus korupsi di Empat Lawang, selama ini. Padahal sebutnya banyak kasus korupsi yang sudah dilaporkan.

Namun sebutnya, penyidikannya cenderung jalan ditempat. Bahkan ada yang tidak ada kabarnya, sama sekali. “Ya, ada banyak kasus korupsi namun semua terkesan jalan ditempat. Wajar saja jika masyarakat anti korupsi di kabupaten ini, tidak percaya lagi dengan Kejari,” imbuhnya.

Kajari Tebing Tinggi, Azwad Z Hakim melalui Kasub Intel, Erik Aryadi saat dikonfirmasi membantah jika pihaknya, tidak konsen memberantas korupsi di Empat Lawang. Ia menyebut, ada sejumlah kasus korupsi di Empat Lawang yang kini dalam proses penyidikan.

Erik mengatakan, pihaknya tidak akan gegabah untuk melimpahkan sebuah kasus ke pengadilan. Karena jika sebuah kasus sudah naik ke pengadilan, tentu yang diharapkan pihak kejaksaan harus menang dalam artian tersangka tidak lepas dari jerat hukum, karena alat bukti yang dipunyai sangat kuat.

Erik juga membantah, jika Kejari mengabaikan semua laporan yang masuk. Bahkan Kejari menurutnya sangat berterima kasih dengan elemen masyarakat, yang telah pro aktif bersama-sama kejaksaan untuk memberantas korupsi.

“Bukannya tidak naik, semuanya butuh proses. Tidak bisa kita gegabah, memaksakan suatu kasus korupsi untuk disidangkan sedangkan alat buktinya kurang. Target kita jelas, jika sudah masuk ke persidangan, kita harus menang dalam artian kita harus berhasil membuktikan sebuah kasus di pengadilan,” tukasnya. (saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.