THR Wajib Bagi Perusahaan

Tebing Tinggi – Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja atau karyawan adalah kewajiban bagi perusahaan. Begitu juga di Empat Lawang, semua perusahaan harus membayar THR paling lambat H-7 Idul Fitri.
Demikian ditegaskan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Empat Lawang, Edison Jaya, kemarin.

Acuannya jelas, ada Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) Nomor 4 tahun 1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan-Perusahaan,” jelas Edison, Selasa (15/7).

Disebutkannya, di Empat Lawang ada sekitar 40 perusahaan sudah disampaikan surat edaran. Isinya himbauan agar perusahaan membayar THR, bagi karyawan dan pekerja sesuai ketentuan. Namun tidak menampik juga bahwa imbauan bukan paksaan bagi perusahaan dimaksud.

Ditambahkan Edison, ketentuan pemberian THR antara lain, diberikan kepada Pekerja yang telah mempunyai masa kerja 3 (tiga) bulan secara terus menerus atau lebih. Jika pekerja telah mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan atau lebih diberikan THR sebesar 1 (satu) bulan upah/gaji.

Bagi pekerja mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, diberikan secara propesional, yaitu masa kerja per 12 bulan dikali 1 bulan upah atau gaji.

Lanjutnya, perusahaan yang telah membuat kesepakatan bersama atau peraturan perusahaan,atau atau kebiasaan yang pernah dilakukan lebih besar dari nilai THR sebulan gaji, maka THR yang disepakati tersebut yang diikuti. Terakhir pembayaraan THR wajib dibayarkan selambat-lambatnya tujuh hari, sebelum hari raya keagamaan.

Edison menegaskan, semua pengusaha wajib mematuhi jadwal membayarkan tunjangan hari raya (THR) harus sesuai dengan upah minimum disepakati. “Namanya wajib, ya harus dijalankan perusahaan. Tentu ada sanksi jika melanggar sesuai ketentuan dan Undang Undang berlaku,” tukasnya. (Saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s