Jika Petugas Nakal, Lapor ke PLN

Tebing Tinggi – Muncul dugaan oknum petugas PLN kerap melakukan pungutan liar (pungli), dalam pemasangan ampere listrik bagi pelanggan baru, mendapat tanggapan serius manajemen PT PLN Cab Lahat Rayon Tebing Tinggi.

“Kalau ada petugas PLN nakal, silahkan lapor ke PLN !. Sejauh ini hasil investigasi belum ada pembuktian terkait masalah tersebut,” tegas Kepala PLN Rayon Tebing Tinggi Wisnu, melalui supervisor Randi, kemarin.

Diakuinya, dugaan disampaikan masyarakat melalui LSM beberapa waktu lalu belum ada bukti. Managemen PLN sudah melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi terhadap jajaran petugas dilapangan. Hasilnya, tidak ada petugas PLN Tebing Tinggi melakukan Pungli penyambunga listrik baru, dengan biaya mencapai Rp 5 juta yang ditudingkan.

“Kita klarifikasi dan mengumpulkan informasi, bahwa tidak ada oknum petugas PLN Tebing Tinggi melakukan pungli,” jelas Randi seraya berharap masyarakat dan pihak-pihak lainnya bisa bekerjasama dengan PLN Tebing Tinggi, agar segera melaporkan ke PLN jika ada oknum-oknum yang mengaku dari PLN Tebing Tinggi melakukan pungli.

Namun, jika melaporkan harus disertai dengan bukti kuat, bukan hanya sekedar cerita dari mulut ke mulut atau hanya isu saja. Sebagai jaminan, PLN bersedia merahasiakan identitas pelapor.

“Kalau ada bukti, tentu tidak akan segan diberikan sanksi,” katanya.

Kedepan sebutnya, mengantisipasi terjadinya pungli pada saat penyambungan aliran listrik baru, masyarakat bisa datang langsung ke kantor PLN Tebing Tinggi atau bisa langsung mendaftar ke nomor (0702) 123, dengan mempersiapkan persyaratan berupa KTP dan Rekening Listrik tetangga terdekat. “Proses tidak akan dipersulit jika administrasi lengkap, dipastikan tidak ada pungli apapun,” ucapnya.

Informasi sebelumnya, masyarakat Empat Lawang resah, menyusul ulah oknum petugas PT PLN WS2JB Cabang Lahat Ranting Tebing Tinggi diduga melakukan pungli, pemasangan ampermeter pelanggan baru.

Ironis, pemasangan tersebut melebihi angka telah ditetapkan dengan harga fantastis mencapai Rp 5 juta. Hal dimaksud adalah Temuan LSM Revolusioner perwakilan Empat Lawang, di beberapa desa.

“Kita menduga pungli dengan pembesaran biaya pemasangan listrik itu telah lama, tetapi beberapa bulan ini kita baru dapat buktinya. Kita telah menerima laporan dari warga,” ungkap perwakilan LSM Revolusioner, Emed.

LSM ini berharap, agar kejadian ini menjadi perhatian khusus bagi managemen PLN Tebing Tinggi. Apalagi sebut Emed, menyalahi keputusan Direksi PT.PLN No.225 K/010/DIR/2000 tanggal.5 Oktober 2000 tentang hukum disiplin terhadap pelanggaran tertentu.

Emed meminta manajemen PLN menindak tegas ulah oknum tersebut, sebab telah merugikan masyarakat itu sendiri. Bukan hanya itu, bisa jadi warga ogah memasang listrik gara-gara tarif pemasangan ampere meter baru terlalu tinggi. (Saukani)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jika Petugas Nakal, Lapor ke PLN

  1. dedi haryadi berkata:

    Yth PLN Tebing Tinggi Empat Lawang
    Sy melaporkan catatan kwh bulan maret tgl 17/03/16 tertulis yg ada dimeteran rmh bpk sy ( 21490 ) dan ini sdh sy laporkan kepihak kantor PLN tebing tinggi,,, sementara tagihan bulan ini,,,( 02270600 – 02287400 ) dari beberapa bulan ditahun yang lalu sy juga lapor dgn kantor PLN kec pendopo lintang dan bertemu langsung dgn bpk Edison,,, tp sampai skrg tdk ada respon dr pihak PLN utk meluruskan tentang tagihan pd kami sebagai pelanggan,,, saya kecewa dgn pelayanan PLN perusahaan milik negara, tdk menanggapi laporan yg ada,,, kalo pelanggan terlambat bayar meteran disita atau disegel tetapi kalo pelanggan bayar lebih diam2 saja,,,kalo dgn cara media seperti ini sy bertulis juga tdk ditanggapi kemana lagi mesti sy harus melapor,,, tks atas perhatiannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s