Di Empatlawang TPA Sepanjang Jalan Lintas

Tebing Tinggi – Pengendara yang melewati jalan lintas tengah Sumatera kawasan Tebing Talanggunung (Gunungbersanding) Kelurahan Jayaloka Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Empatlawang harus menutup hidung ketika melewati kawasan tersebut, lantaran kawasan itu kini menjadi tempat pembuangan akhir sampah warga sekitar.

Dari pantauan, selain kawasan Talanggunung yang memang menjadi tempat pembuangan akhir sampah warga kawasan Kota Tebingtinggi, kini kawasan Gunungbersanding Kelurahan Jayaloka juga menjadi tempat sampah. Bahkan ironisnya tumpukan sampah mulai memakai badan jalan serta mengeluarkan bau tidak sedap.

“Saya harap Dinas terkait dapat proaktif melarang warga membuang sampah ke kawasan tersebut, malu kita dengan pengendara asal daerah lain, inikan jalan lintas sumatera,” ungkap Arman (46) pengendara motor warga kecamatan Saling.

Dikatakannya, sebagai pengendara yang saban hari berlalu-lalang di jalan tersebut, tentu merasa gerah dengan kondisi tumpukan sampah yang mulai berhamburan di jalan yang berstatus jalan negara tersebut.

“kalau kami hendak ke pasar Tebingtinggi, kami harus menyiapkan sebotol minyak wangi, sebab apa? Sepanjang jalan lintas ada tpa yang harus kami lalui, tentu baunya melekat di baju kami,” guyonnya.

Sementara Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pengelolaan Pasar (DKP3) Kabupaten Empatlawang, Syarkowi Rasyid mengaku telah melayangkan teguran kepada Lurah Jayaloka agar menghentikan aktivitas warga yang membuang sampah di kawasan yang dikenal Tebing Talanggunung tersebut. Meski meyakini tidak seluruh sampah dibuang disana berasal dari Kelurahan Jayaloka namun pihaknya mengharapkan warga sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan bersama.

“kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan yang kurang, mudah-mudahan himbauan kita ke lurah dapat segera disampaikan ke warganya,” ucap Syarkowi beberapa waktu lalu di ruang dinasnya.

Sementara Lurah Jayaloka kecamatan Tebingtinggi, H Kipmir ketika dikonfirmasi mengaku belum tahu jika Tebing Talanggunung telah menjadi TPA warganya. Namun demikian pihaknya segera meninjau tempat tersebut dan segera mengambil kebijakan untuk itu.

“belum tahu itu, saya kan baru beberapa minggu menjabat lurah di sini, kalau teguran pihak dinas saya juga tidak tahu, mungkin di jaman lurah sebelumnya, namun besok segera saya tinjau lokasi,” jelasnya, Jum’at (11/7).

Meski mengaku sulit mengawasi warga untuk tidak membuang sampah di lokasi tersebut, namun pihaknya akan segera berkoordinasi dengan RT/RW setempat. “Segera kita panggil RT/RW yang punya wilayah itu, nanti kita cari solusi bersama,” jelasnya. (ozi)

——————————————

Sumber : Radar Nusantara

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.