Di Empatlawang PLKB Hanya 3 Orang

Tebing Tinggi – Empatlawang ternyata hanya memiliki 3 orang Petugas Lapangan Penyuluh Keluarga Berencana (PLKB) yang berstatus PNS.
Kepala BKKBD Kabupaten Empatlawang, Sulni kepada Radarnusntara.com di ruang kerjanya menjelaskan 3 orang tersebut berada di kecamatan Muarapinang, Sikapdalam, dan Tebingtinggi.

“ya, Kita hanya memiliki tiga orang plkb yang berstatus pns dan 63 orang tenaga sukarela yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di empatlawang,” ungkapnya, Rabu (2/7).

Padahal menurut Sulni, PLKB adalah ujung tombak untuk tetap konsisten dalam menjalankan tugas dan menyukseskan Program Pembangunan Kependudukan dan KB di Kabupaten Empatlawang, dengan hanya mengadalkan 3 orang PLKB tentu menjadi kendala tersendiri bagi BKKBD Empatlawang.

“tentu ini menjadi kendala tersendiri bagi BKKBD Empatlawang yang harus melayani 156 desa dan kelurahan di 10 kecamatan, dari jumlah penduduk empat lawang rasionya untuk empat lawang itu harus memiliki dua desa satu PLKB,” terang Sulni.

Penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB) menurut Sulni itu harus memiliki keterampilan dasar umum diantaranya Akselersi Program Pembangunan Kependudukan dan KB, Pencatatan dan Pelaporan, Pengetahuan KIE Alat kontrasepsi terkini, Dinamika kelompok, Manajemen Operasional Lapangan, dan lain-lain.

“intinya, plkb itu harus memiliki pengetahuan yang cukup, kalau tks agak sulit untuk memahami itu,” jelasnya.

Meski demikian pihaknya masih tetap optimis program pembangunan kependudukan dan pelayanan KB di Empatlawang dapat berjalan dengan baik meski terkendala dengan jumlah PLKB yang hanya berjumlah 3 orang tenaga PNS.
“tetap optimis pembangunan di bidang kependudukan dan pelayanan KB di empatlawang berjalan sukses, tentunya dengan mengoptimalkan petugas PLKB yang ada dibantu dengan Tenaga sukarela yang ada,” pungkasnya.(ozi)

——————————————

Sumber : Radar Nusantara

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.