Di Empat Lawang 8.000 Tablet Dextro Ditarik dari Peredaran

Tebing Tinggi – Sebanyak 8.000 tablet Dextromethorphan atau yang biasa dikenal dengan Pil Dextro ditarik kembali oleh Distributor Indo Farma Global Medika (IFGM) Palembang dari RSUD Empatlawang, Senin (30/6/2014).

Penarikan obat tersebut menyusul adanya surat edaran Kementerian Kesehatan Nomor Hk. 041.35.07.13.3855 tahun 2013 tentang pembatalan izin edar obat dextro.

Plt Direktur RSUD Empatlawang, dr Dessy Yusmiati melalui Kabid Rekam Medik, Joko Prayitno mengatakan, obat Dextro total ada 80 box obat Dextromethorphan berukuran 15 Mg (Box 10 kaplet @ 10 tablet) yang ditarik. Seluruh obat dextro yang sering memabukkan jika dikonsumsi berlebihan itu sudah ditarik oleh IFGM.

“Sebanyak 8.000 tablet sudah diserahkan oleh Apoteker kita kepada IFGM,” ungkapnya.

Menurutnya, Dextro yang disinyalir mengandung Narkotika memang sering diperjualbelikan secara terang-terangan di beberapa desa, khususnya di Empatlawang, karena sebenarnya peruntukannya untuk obat. Hal ini sangat digandrungi kawulah mudah, karena selain mudah mendapatkannya, harganya cukup murah. Namun, bilamana sudah ditarik, masih ada yang menjual, artinya ilegal.

“Yang jelas izinnya dari BP POM sudah dicabut, kalau ada yang jual berarti obatnya ilegal. Tentunya beda dengan dahulunya, obat itu mudah didapat,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empatlawang, Khairullah merasa lega dengan dihentikannya peredaran Dextro karena obat tersebut sering disalahgunakan oleh masyarakat khususnya pemuda. Dahulunya, obat itu memang mudah didapat dan murah. Dengan dihentikannya izin obat ini tentunya, mereka tidak memungkinkan mendapat barang tersebut.

“Kalaupun masih ada, kecil kemungkinan ada yang menjual. Tentunya, hal ini sangat menggembirakan bagi kita semua, karena secara langsung mengurangi peredarannya,” katanya.(st2/021)

——————————————

Sumber : Sriwijaya Post

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s