HBA Jamin tak akan Gusur PKL

SEBELUM ADA TEMPAT RELOKASI YANG LAYAK

Tebing Tinggi – Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) memastikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, tidak akan menggusur atau mengusir Pedagang Kaki Lima (PKL). Menurut HBA, PKL adalah penyokong ekonomi kerakyatan paling “top” di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Sebelum ada realokasi, saya janji tidak ada penggusuran atau pengusiran PKL di Empat Lawang,” tegas HBA, Kamis (26/6).

Kalau tidak ada PKL, menurut HBA, siapa penggerak ekonomi kerakyatan, siapa yang menjual hasil pertanian masyarakat kecil. Nah, inilah yang harus dipikirkan bersama secara matang. Sudah sewajarnya disiapkan tempat layak dan baru diupayakan realokasi dengan baik.

“Kalau sekarang diusir, mau jualan dimana ?,” katanya meyakini niat usaha dan kerja keras para PKL sudah menghidupkan perekonomian kerakyatan di Empat Lawang.

‪Namun HBA meminta semua PKL yang ada baik di Pasar Tebing Tinggi, Pendopo, Muara Pinang dan Ulu Musi serta kecamatan lainya bekerjasama dengan pemerintah, untuk menjaga kebersihan di kawasan tempatnya berdagang, agar tidak terlihat kotor dan semeraut.

“Kendati berjualan, namun tetap jaga kebersihan sampahnya saja,” pesannya.

‪Khusus Tebing Tinggi kata HBA, tahun ini juga jalan lingkar kota sudah bisa di fungsikan. Itu sebutnya, bisa menjadi solusi kemacetan karena semua mobil angkutan dialihkan ke jalan lingkar baru. Dengan kata lain, jalinsumteng diupayakan lebih lancar dan tertib.

Selain PKL, perhatian juga diberikan bagi pembinaan Indistri rumah tangga kecil dan menengah. Salah satunya dengan bantuan peralatan kepada UMKM berprestasi serta kegiatan sosialsasi prinsip pemahaman koperasi bagi siswa dan guru.

Selanjutnya hasil industri rumah tangga bisa dipasarkan oleh PKL, bagi pengembangan ekonomi kerakyatan. ”Setelah semua selesai, pasar akan ditata baik pulau emas maupun jalan pasar iu sendiri,” kata HBA seraya menambahkan Pemkab Empat Lawang, tidak mengejar Adipura.

Sementara itu Mur (42), salah seorang PKL mengaku senang dengan jaminan tidak digusur, yang di sampaikan Bupati Empat Lawang. Ia mengaku siap mematuhi dan menjaga kebersihan. “Kalau ada tempat layak kami mau pindah, kalau belum ada ya jangan halangi kami mencari rejeki,” ucap Mur dan diiyakan PKL lainnya. (Sukani/021)

——————————————

Sumber : Kabar Sumatera

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.