Pimpinan Daerah Muhammadiyah Empatlawang Ancam PTUN-kan KPU Sumsel

TEBING TINGGI – Upaya penolakan anggota Tim Seleksi (Timsel) KPU Empatlawang yang telah dikeluarkan oleh KPU Provinsi tidak hanya sebatas memberikan sanggahan. Bahkan pihak organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Empatlawang akan menyiapkan tuntutan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) KPU Provinsi Sumatera Selatan.

Hal ini sebagai langkah terkait penolakan anggota Timsel KPU Empatlawang yang baru saja ditetapkan. Sebelumnya sanggahan dari berbagai pihak termasuk Pemkab Empatlawang mengenai daftar nama nominasi Timsel KPU Empatlawang tidak diindahkan oleh pihak KPU Provinsi Sumatera Selatan.

“Kita siap PTUN-kan KPU Sumsel yang tidak selektif memilih nominasi calon yang sekarang ini sudah ditetapkan. Dasar tuntutan kita adalah tidak memenuhinya prosedur penetapan anggota timsel tersebut,” ungkap ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Empatlawang, Khairullah kepada wartawan, Selasa (24/9/2013).

Dikatakannya, penolakan anggota timsel KPU ini memang sudah banyak disampaikan berbagai pihak, karena memang tidak memenuhi kriteria. Mereka yang ditetapkan anggota hanya mengatasnamakan dari salah satu instansi, namun kenyataannya tidak benar, dalam artian direkayasa.

“Kalau dari Ormas, Ormasnya harus jelas, sementara Ormas yang memang benar-benar diakui masyarakat dan sudah tingkat nasional disingkirkan. Nah, ini yang perlu diklarifikasi, makanya kita akan menuntut, karena tidak terima anggota yang ditetapkan tersebut,” tegasnya.

Diterangkannya, pihaknya dan beberapa organisasi lainnya, tidak akan tinggal diam. Sesegera mungkin akan menyiapkan tuntutan, termasuk apa yang dibutuhkan lainnya.

“Kalau mereka menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku tidak menjadi masalah. Kalau ini, sudah jelas-jelas tidak sesuai prosedur dan layak untuk dilakukan pemilihan ulang,” ungkapnya.

Ketua DPD KNPI Empatlawang, Windera Safri melalui Sekjen, Kartubi juga menyesalkan tindakan pihak KPU Sumsel yang tidak melakukan cross check daftar nama Timsel KPU Empatlawang yang dikeluarkannya bahkan sekarang ini sudah keluar sebagai anggota Timsel.

Semestinya, pihak KPU Provinsi melakukan cross check sanggahan, karena dinilai Timsel tersebut tidak memenuhi kriteria.
“Hasilnya sangat mengecewakan, karena sudah disampaikan sanggahan, namun tidak diindahkan. Semestinya di-cross check lagi, karena tidak memenuhi kriteria, dalam artian sudah menyalahi prosedur perekrutan Timsel tersebut,” tegasnya.

Dikatakannya, sejak keluarnya daftar nama nominasi berbagai pihak, seperti Ormas, organisasi kepemudaan, hingga pihak Pemkab Empatlawang sendiri, namun hal tersebut tidak sama sekali diindahkan.

“Kita akan cari dulu upaya selanjutnya, karena jelas tidak memenuhi kriteria. Yang jelas semua pihak menolak anggota Timsel KPU Empatlawang saat ini,” tandasnya.

Sementara Ketua DPRD Empatlawang, David Hadrianto Aljufri usai rapat paripurna mendengarkan pandangan akhir fraksi-fraksi pembahasan Raperda APBD Perubahan tahun 2013 menyesalkan keputusan KPU Provinsi yang tidak mengkaji lebih dalam latar belakang masing-masing anggota yang telah ditetapkan.

“Sanggahan yang disampaikan berbagai pihak juga diabaikan dan bersihkukuh dengan pendirian mereka. Apa yang disampaikan, semestinya diindahkan, apalagi sudah berbagai pihak, bukan hanya satu orang, nah ini dipertanyakan ada apa,” tandasnya. (Williem)

——————————————

Sumber : Tribun Sumsel

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s