Pendopo Barat Potensi Jadi Sentra Kemiri

PENDOPO BARAT – Wilayah Pendopo Barat Kabupaten Empatlawang memiliki potensi yang sangat bagus untuk pengembangan tanaman hortikultura jenis kemiri dan sahang sebagai penambah penghasilan petani.

Hanya saja saat ini kedua jenis komoditas tersebut masih dijadikan sebagai tanaman pendamping tanaman utama, yaitu kopi. Padahal secara harga kedua jenis komoditas tersebut cukup menjanjikan. Saat ini saja harga kemiri per kilogram mencapai belasan ribu rupiah. Sedangkan untuk jenis sahang hitam sudah mencapai Rp50.000 dan sahang hitam sudah mencapai kisaran harga Rp100.000 per kg.

Camat Pendopo Barat Rahmat Riyandi mengakui, wilayah tersebut secara iklim dan geografis sangat berpotensi untuk dijadikan sentra pengembangan tanaman sahang dan kemiri. Namun, sejauh ini, warga khususnya petani belum membudidayakan tanaman tersebut secara khusus.

“Melihat kondisi dan hasil panen petani untuk kemiri dan sahang, berarti wilayah Pendopo Barat memang sangat cocok jika dijadikan sentra kedua jenis tanaman tersebut,” tutur dia.

Menurut dia, petani di wilayah tersebut masih tetap menjadikan kopi sebagai tanaman utama di perkebunan. Apalagi hal itu sudah menjadi turun-temurun. Diharapkan pihak terkait dalam hal ini Dinas Perkebunan dan Badan Penyuluh Pertanian Empatlawang dapat memberikan arahan dan bimbingan agar petani di kawasan tersebut mau membudidayakan jenis tanaman tersebut sebagai tanaman inti, dan bukan tanaman selingan.

“Masyarakat kami yakin jelas mau, hanya saja mereka membutuhkan bimbingan dan arahan termasuk informasi mengenai perkembangan pasar dua jenis komoditi tersebut,” ujar dia.

Seorang petani di Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat, Asmadi mengatakan, untuk tumbuh kembang kedua jenis tanaman ini lumayan bagus di kawasan tersebut. Bahkan, rata-rata petani yang memiliki tanaman kopi menjadikan tanaman kemiri dan sahang sebagai selingan.
Untuk kemiri, kebanyakan dijadikan sebagai tanaman pembayang tanaman kopi karena ukuran batangnya cukup tinggi dan berdaun cukup lebat. Sementara untuk sahang biasanya ditanam di pohon pembayang jenis lain seperti kayu sengon dan jenis kayu juar. (Irhamudin)

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s