Asap Pembakaran TPA Dikeluhkan


Pembakaran sampah di TPA Talang Gunung menyebabkan pengendara yang melintas diJalinsum depan TPA terganggu karena asap pembakaran menutupi jalan.

TEBING TINGGI – Sejumlah pengendara yangmelintas di Jalinsum depan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talang Gunung, Kecamatan Tebing Tinggi mengeluhkan asap pembakaran sampah di TPA tersebut.

Karena, selain menyesakkan pernapasan, asap tersebut menutupi jarak pandang pengendara. Karena asap yang dihasilkan cukup tebal serta lokasi sampah yang dibakar tepat berada di sisi jalan. Selain itu, karena lokasi TPA tersebut berada di tikungan tajam Jalinsum mengharuskan pengendara untuk ekstra hati-hati.
Pembakaran sampah di lokasi tersebut memang setiap hari dilakukan.

Hanya saja, saat ini sedang kemarau sehingga api tidak pernah padam dan asap yang dihasilkan cukup banyak. Bahkan, dikhawatirkan api menjalar ke semak belukar yang ada di bagian bawah TPA tersebut.

Salah seorang pengendara angkutan umum trayek Tebing Tinggi–Lubuklinggau Anwar mengatakan, pembakaran sampah di lokasi tersebut menurutnya ada bagusnya juga.
Mengingat sampah sudah sangat banyak dan menumpuk di pinggir jalan. Hanya saja,menurutnya, petugas terkait harus melakukan pengawasan terhadap pembakaran sampah tersebut.

“Sering kali kalau asap sedang banyak kita terpaksa berhenti mas, karena kalau kita terobos khawatir ada mobil lain dari depan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kondisi jalan yang menikung dari arah Lubuklinggau maupun dari Tebing Tinggi mengharuskan pengendara ekstra hati-hati. Selain tebalnya asap akibat pembakaran tersebut, abu bekas pembakaran juga banyak yang beterbangan, terutama saat angin bertiup cukup kencang.

Kondisi tersebut menurutnya jelas mengganggu, apalagi tumpukan sampah dan abu pembakaran melebihi tingginya badan jalan. “Yang kasihan itu penumpang di mobil yang terbuka, seperti angdes ke Muara Saling, karena penumpangnya terkadang kena debu,” ujarnya.

Sementara pantauan di lokasi TPA tersebut makin hari makin memprihatinkan. Sampah yang seharusnya dibuang ke jurang dibalik tembok TPA masih saja dibuang ke pinggir jalan. Bahkan di depan tembok TPA sehingga banyak yang bertebaran di Jalinsum. Saat ini tembok yang dibangun juga sudah banyak yang jebol dan tampaknya seperti disengaja, agar mudah membuang sampah ke balik tembok.

Seorang pemulung yang mengaku sering memungut sampah plastik itu mengaku tidak mengetahui kapan tembok tersebut mulai jebol. Karena menurutnya, dirinya tidak setiap hari datang ke lokasi tersebut.

Mengenai pembakaran menurutnya, memang dari dulu sampah dilokasi tersebut sengaja dibakar, hanya saja selama ini musim hujan dan api tidak terlalu membesar.“Karno kering inilah apinyo jadi besak, jadi banyak asap,” ucapnya. (Irhamudin)

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Asap Pembakaran TPA Dikeluhkan

  1. santung berkata:

    Yahhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s