Warga Empat Lawang Dihantui Kekeringan

TEBING TINGGI – Warga Kabupaten Empat Lawang, terutama yang tinggal di daerah dataran tinggi mulai dihantui kekeringan. Sebagian dari mereka sudah memanfaatkan sungai Musi untuk keperluan sehari-hari, karena air sumur hanya cukup untuk memasak, Hingga saat ini mereka tidak bisa berbuat banyak dan mengharapkan adanya perhatian dari instansi terkait. Karena, berbagai usaha telah dilakukan, namun tampaknya tidak membuahkan hasil.

Menurut sejumlah warga, Selasa (27/8), mereka terpaksa memanfaatkan Sungai Musi sebagai pelarian, karena air sumur sekarang ini sudah tidak mencukupi lagi. Sementara, sarana air bersih dari PDAM Empat Lawang belum menjangkau tempat tinggal mereka.

Sudah bertahun-tahun nasib mereka setiap musim kemarau selalu begini. Namun, ironisnya hingga saat ini belum ada perhatian dari pemerintah ataupun instansi terkait. Besar harapan mereka adanya solusi, seperti pemasangan jaringan PDAM atau pembangunan sarana air bersih lainnya. “Sejak sepekan terakhir kami ke sungai Musi untuk mandi, mencuci dan lainnya. Pasalnya, sumur kami sudah tidak mencukupi untuk seluruh keperluan rumah tangga, paling sekedar untuk memasak,” ungkap Diah, warga Tanjung Kupang.

Ditambahkan, Her, warga lainnya, beberapa usaha telah mereka lakukan, salah satunya membuat sumur bor. Namun tidak membuahkan hasil, kemungkinan dikarenakan dataran tinggi sehingga mata air bawah tanah terlalu dalam. “Sudah dua lobang sumur bor, namun semuanya tidak ada airnya. Sementara untuk membuat sumur bor biayanya tidaklah murah,” katanya.

Sementara, Direktur PDAM Empat Lawang, Sudibyo ketika dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini pihaknya telah mengupayakan dibuatnya jaringan ke daerah-daerah yang rawan krisis air bersih saat memasuki musim kemarau yakni daerah dataran tinggi, seperti kawasan Talang Banyu, Talang Jawa, Jayaloka, Talang Gunung dan daerah lainnya dalam Kecamatan Tebing Tinggi.

“Kita sudah mengusulkan anggaran dana untuk pemasangan jaringan ke daerah- daerah yang seringkali mengalami kekeringan, mudah-mudahan pada tahun 2014 nanti sudah turun dari pemerintah pusat,” katanya. (Tono)

——————————————

Sumber : KABARkite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Warga Empat Lawang Dihantui Kekeringan

  1. deki berkata:

    sebetar lagi kabupaten tercintaku akan dak lagi hidup sebagaimana aku masih kecil dulu…..
    karena ulah keserakahan, semua lahan disana dibuka semua. padahal hutan disana untuk menampung air… sekrang air tak ada.. bahkan sehari tak mandi gara-gara tak ada air…
    tak lama lagi semua masyarakat akan mati gara-gara tak ada air

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s