Dari 4 Desa yang Diusulkan, Desa Sugih Waras Belum Bisa Dialiri Listrik

TEBING TINGGI – Hingga kini warga Desa Sugih Waras, Kecamatan Tebing Tinggi belum menikmati layanan penerangan listrik dari PLN.
Padahal secara jarak desa tersebut tidak terlalu jauh dari pusat ibukota Kabupaten Empatlawang, Tebing Tinggi.

Meski demikian desa tersebut merupakan desa terujung yang berbatasan dengan Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Musi Rawas di sepanjang aliran Sungai Musi. Kepala Desa Sugih Waras, Basir, mengatakan, usulan kepada pemerintah agar dimasukannya jaringan listrik ke desa tersebut sudah berulang kali dilakukan, bahkan dari tahun 2008 silam sejak Empatlawang dimekarkan dari Kabupaten Lahat.

“Hampir tiap tahun sejak dimekarkan menjadi kabupaten sudah kami ajukan proposal, namun hingga kini belum ada tindak lanjut,” kata dia. Padahal, menurut Basir, jaringan listrik sudah masuk hingga Desa Baturaja Baru yang berjarak hanya beberapa kilometer dari desa tersebut.

Pihaknya berharap pemerintah dapat merealisasikan usulan mereka. Sehingga penerangan listrik dari PLN dapat dinikmati oleh warga desa tersebut.
“Kami sangat berharap apalagi saat ini di Tebing Tinggi sudah dibangun gardu induk,” kata dia.

Pendapat senada, warga Desa Sugih Waras, Husin mengatakan, selama ini warga hanya mengandalkan penerangan dengan fasilitas mesin genset. Namun dengan kenaikan harga BBM jelas hal itu sangat memberatkan warga. Apalagi saat ini harga karet yang menjadi andalan petani warga desa tersebut sedang anjlok.
“Kalaupun pakai genset sekarang paling hanya sebentar, karena harga bensin sudahnaik. Itupun tidak semuanya punya,” ujar dia.

Terpisah, Kepala bidang Energi Dinas Kehutan Perkebunan dan Pertambangan Energi (Dihutbuntamben) Empatlawang Arismi mengatakan, pihaknya selalu menyampaikan usulan yang diterima oleh pihaknya. Hanya saja persetujuanya dilakukan bertahap.

Untuk tahun ini kemungkinan ada 3 desa yang akan menerima layanan listrik tersebut. Yaitu Desa Pancur Mas, Tanjung Kupang Baru dan Tanjung Ning Jaya. Sementara Desa Sugih Waras kemungkinan besar masih mengalami penundaan. “Dari empat desa yang kami usulkan, baru 3 desayang disetujui,” ujar Arismi. (Irhamudin)

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

2 Balasan ke Dari 4 Desa yang Diusulkan, Desa Sugih Waras Belum Bisa Dialiri Listrik

  1. jhonison berkata:

    sabar bae

  2. JEMO TALANG BETAHUN-TAHUN KATEK LISTRIK berkata:

    Olok mano Di Talang bada kami “KORAN SINDO”????
    Cubo liput/ foto-foto dai…
    kaban kruan jalan Talang Padang-Ulu Musi?
    nah di situ la bada JEMO TALANG…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s