Jalinsum Rawan Perampokan

LAHAT – Pengguna ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Lahat-Tebing Tinggi, harus lebih waspada. Pasalnya, Yusnaini (35), warga Kota Tebing Tinggi, Empat Lawang, dicegat seorang wanita berparas cantik, saat melintas di Jalinsum Desa Endikat Hilir, Kecamatan Gumay Talang, yang ternyata kawanan perampok, Kamis (01/08). Akibat kejadian itu, Yusnaini kehilangan uang Rp 3,5 juta; dan surat berharga dalam tasnya.

Kejadian yang menimpa Yusnaini berawal saat dirinya melaju dari Tebing Tinggi menuju Lahat dengan mengendarai sepeda motor sendirian.

Saat melintas di kawasan hutan wilayah Desa Endikat, dirinya dicegat seorang wanita, dengan cara melambaikan tangannya, dengan wajah memelas. Melihat seorang wanita yang dikira butuh pertolongan, Yusnaini menghentikan laju sepeda motornya. Sayang, niat Yusnaini ingin memberikan pertolongan, malah berbuah petaka.

Ternyata dibalik semak belukar tempat wanita berparas cantik itu berdiri, telah siap beberapa orang dengan wajah tertutup. Yusnaini yang ingin berbelanja keperluan di Kota Lahat, langsung kaget dan tidak dapat melarikan diri lagi. Dengan mengancam akan membunuh Yusnaini, dua lelaki bertopeng meminta uang dan barang berharga. Usai menguras uang dan surat berharga dalam tas Yusnaini, dengan cepat dua lelaki dan seorang perempuan itu langsung melarikan diri kedalam semak belukar.

Kapolres Lahat AKBP Budi Suryanto SH MSi mengatakan, modus kejahatan dengan memanfaatkan seorang wanita bisa saja dilakukan. Sehingga dirinya meminta warga waspada, apalagi lokasi yang digunakan berada jauh dari keramaian.

“Waspada, analisa semua potensi kejahatan. Tentu kita menyadari beberapa lokasi memang rawan kejahatan, dan akan melakukan patroli,” jelasnya.

Polisi Dirampok

Sementara itu, empat kawanan perampok bersenpi yang melancarkan aksinya, Rabu (31/07), sekitar pukul 20.00 WIB, di Jalan Raya Talang Mutung, Desa Bungin Campang, Simpang Martapura, atau tepatnya di tugu perbatasan Kabupaten OKU Selatan, ketiban sial.
Mengira bakal mendapat mangsa segar, ternyata korban yang bakal dirampok merupakan Kasium Polsek Simpang Brigadir Andika Pujiarto.

Alhasil, bukannya mendapat sasaran dari aksinya itu, justru kawanan perampok dibuat lari tunggang langgang, setelah korban melakukan perlawanan dengan melepas tembakan.

Melihat kawanan perampok kabur, Brigpol Andika tak tinggal diam. Bersama masyarakat sekitar, Andika mengejar para pelaku. Dari pengejaran yang dilakukan, satu tersangka Boholi (24), warga Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, berhasil diringkus. Sedang ketiga perampok lainnya masih dalam pengejaran.

“Satu tersangka berhasil diamankan. Saat akan ditangkap, tersangka mencoba melawan dengan senjata tajam, sehingga anggota bersikap tegas melumpuhkan tersangka dengan satu tembakan di kaki kanannya,” ujar Kapolres OKU Selatan AKBP Wira Satya Triputra SIk MH.

Dijelaskan Kapolres, aksi perampokan itu bermula saat Brigpol Andika hendak pulang ke rumahnya dengan mengendarai sepeda motor. Setiba dilokasi, Andika dipepet oleh kawanan perampok itu dengan menggunakan dua sepeda motor dan memakai masker serta membawa Senpi.

Satu pelaku kemudian memegang tangan Andika dan menyuruhnya berhenti, dengan ancaman akan menembak. Lalu Andika merobohkan sepeda motornya dan dengan sigap langsung mengambil senjata api yang ia bawa, seraya menembakkannya tiga kali ke arah para pelaku.

“Tidak diketahui apakah tembakan mengenai pelaku atau tidak, karena kondisi lokasi yang gelap. Hanya saja satu dari pelaku sempat dilihat korban terjatuh yang kemudian ditolong pelaku lainnya. Mereka kemudian kabur ke arah kebun dan dikejar oleh anggota kita bersama masyarakat,” terang Wira seraya menambahkan, selain menangkap satu tersangka, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor dan sajam milik pelaku.

Dirinya menyebutkan, tim gabungan Sat Reskrim Polres OKUS dan Polsek Simpang Martapura sendiri, saat ini sedang terus melakukan pengembangan untuk mengejar 3 tersangka lain yang identitasnya sudah diketahui. “Selain itu kita juga telah berkoordinasi dengan pihak Polres OKU dalam pengembangan kasus ini dan jaringan lainnya,” tutupnya.

Cewek Rampok Siswa SMA

Aksi perampokan lainnya, juga terjadi Rabu (31/07), pukul 14.00 WIB, di Jalan Talang Betutu, kawasan Komplek AURI, Kecamatan Sukarami. Korbannya Sri (15); dan Dona (17), semuanya warga Jalan Sukasenang, RT 01, Kecamatan Sukarami. Keduanya dirampok tiga pelaku, satu diantaranya perempuan atau cewek, hingga keduanya hilang Hp dan sejumlah uang. Beruntung, sepeda motor keduanya tak dibawa kabur para pelaku, karena ditinggal di TKP, saat kedua korban lari menyelamatkan diri.

Menurut Sri, siang itu ia dan temannya baru pulang sekolah, bersama teman-teman lainnya. Namun, mereka berdua berjalan dengan motor paling depan.

Lantaran mau ke rumah temannya yang lain, mereka pulang arah. Saat di TKP, dihadang tiga pelaku, salah satunya wanita, mengendarai sepeda motor Yamaha Mio. ‘’Kami stop, lanangnya nodong piso ke leher, cewek itu nyuruh kami turun dari motor,” jelas Sri.

Bahkan mereka sempat kabur meninggalkan motor, lantaran takut terancam. Namun kedua pelaku laki-laki berhasil mengejarnya, lalu merampas Hp dan uang jajan yang ada disaku.

“Hp samo duit bae pak, idak tahu berapo duitnyo untuk jajan bae. Motor idak diambeknyo, tapi kami lupo dengan wajah pelaku, kareno sudah takut, jadi idak kepikiran lagi,” tambah Sri.

Kapolsekta Sukarami Kompol Imam Tarmudi SIk MH, didampingi Kanitreskrim Iptu Dhavid Shiddiq, membenarkan adanya laporan tersebut. ‘’Laporannya sudah diterima dan kasusnya sedang ditindaklanjuti. semoga dalam waktu dekat, kasusnya bisa diungkap, termasuk pelaku berhasil ditangkap,” tegasnya. (rif/cr07/day)

——————————————

Sumber : Palembang Pos

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jalinsum Rawan Perampokan

  1. Athar berkata:

    Bru2 ini trjadi perampokan dngn kekerasan di ayek pinang antara desa sapa panjang dan desa muarapinang lama kec. Muara pinang kab empat lawang dan tdi malam sktar jam 8 mlam korban perampokn trsebut meninggal dunia d rumah sakit umum palembang dan td siang sktr jam 3 sore ini d kebumikan d desanya dsa talang benteng kec. Muara pinang empat lawang kami berharap pihak kepolisian mengusut tuntas mslah ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s