Harga Kopi Beranjak Naik

TEBING TINGGI – Petani kopi di Empatlawang beberapa hari belakangan ini mulai tersenyum dengan kembali menanjak naiknya harga kopi.
Saat ini harga kopi di tingkat pengepul di Empatlawang sudah berkisar antara Rp15.000– 15.500 per kilogram. Di mana sebelumnya, harga kopi sempat mandek di kisaran Rp12.000– 13.000 per kilogram.

Kenaikan harga tersebut disambut baik oleh para petani kopi di Empatlawang. Karena menurut mereka, berdasarkan pengalaman jika sudah ada kenaikan, biasanya akan terus naik hingga pada level harga maksimal.

“Memang sudah naik, tapi belum bisa dikatakan normal. Naiknya juga baru beberapa hari ini saja dan belum tahu akan berapa lama,” ujar seorang pengepul kopi di Tebing Tinggi, Sarif, kemarin.

Mereka selaku pengepul juga berharap kenaikan akan terus terjadi, karena jika harga kopi anjlok mereka juga terkena dampaknya. Bahkan menurutnya terkadang merugi. Kerugian tersebut lebih disebabkan kepada menyusutnya volume kopi yang dibeli dari petani, karena disimpan di gudang.

“Kami juga harus menunggu harga membaik baru kemudian kami lempar (jual). Jadi kalau kelamaan disimpan, kopinya juga semakin kering dan menyusut,” ucap dia.

Sarif mengakui, kopi merupakan salah satu komoditas andalan mayoritas masyarakat Empatlawang sehingga pengaruh harga jelas sangat berpengaruh kepada perekonomian masyarakat. “Namanya juga andalan, tidak ada lain pendapatan selain kopi sehingga sangat berpengaruh dengan masalah keuangan keluarga,” ucap dia. (Irhamudin)

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s