Pasal Utang, Warga Padang Tepong Diamankan

BENGKULU – Warga Padang Tepong, Kabupaten Empat Lawang,Sumatera Selatan, Sa (50) terancam berlebaran di sel. Pria ini diamankan Polres Bengkulu lantaran tak mampu membayar utang yang mencapai Rp 400 juta.

Sa sendiri diamankan di rumahnya kemarin (29/7) pagi. Dalam pemeriksaan sementara, Sa mengakui persoalan utang yang tak sanggup dibayarnya itu.
Kepada RB, Sa menceritakan, sebenarnya yang meminjam uang itu adalah kakak iparnya, Nu, yang tinggal di Jalan Hibrida. Nu meminjam uang kepada seorang perempuan yakni Yanti sebesar Rp 200 juta. Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk membuka usaha.

Namun usaha apa yang dimaksud, Sa enggan membeberkannya. Dikatakan Sa, dalam surat perjanjian peminjaman uang itu, Sa ikut menandatangani kwitansi peminjaman. “Kebetulan ayuk ipar aku tuh kan sakit kanker, jadinya aku yang jadi jaminannya dalam perjanjian pinjam uang itu. Rencananya mau buat modal usaha,” ujar Sa.

Namun ternyata usaha yang direncanakan tidak berjalan mulus. Selain itu, Sa semakin terpuruk lantaran bunga uang pinjaman yang harus ditanggungnya cukup besar.
Sa harus membayar bunga pinjaman sebesar Rp 16 juta per bulannya.

Lantaran tak mampu lagi membayar uang pinjaman itu, lama-kelamaan bunganya pun semakin membengkak.
Utang yang awalnya hanya Rp 200 juta, tiba-tiba membengkak menjadi Rp 400 juta. Melihat kondisi itu, Sa pun menyerah dan tak sanggup lagi membayarnya, termasuk dengan kakak iparnya.

“Melihat total utangnya sampai Rp 400 juta, aku udah gak sanggup lagi melunasinya, kakak ipar aku juga lagi sakit,” terangnya.

Alhasil, Yanti selaku pemberi pinjaman uang mempekarakan Sa, lantaran di kwitansi peminjaman uang tertera nama Sa. Tak mampu berbuat banyak, Sa memilih untuk pasrah menghadapi tuntutan hukum.

Sementara itu, Kapolres Bengkulu, AKBP. Iksantyo Bagus Pramono melalui Kasat Reskrim, AKP. Dwi Citra Akbar, S.IK mengatakan, Sa masih diamankan. “Kasusnya masih dipelajari dan diproses, sementara ini kami amankan dulu untuk dimintai keterangannya,” ujarnya. (fiz)

——————————————

Sumber : http://harianrakyatbengkulu.com/

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Hukum dan Kriminalitas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s