Empatlawang Tak Terima CPNS

TEBING TINGGI – Pemerintah Kabupaten Empatlawang melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Empatlawang memastikan tidak melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum pada tahun ini.

Kepala BKD Empatlawang Januarsyah Hambali mengatakan, pihaknya sudah memastikan untuk tahun ini tidak akan ada rekrutmen CPNS di Empatlawang.
Meskipun berdasarkan edaran dan ketetapan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Reformasi Birokrasi (RB) mengenai syarat daerah bisa mengajukan perekrutan CPNS, Empatlawang masih layak melakukan rekrutmen CPNSD.

“Memang secara aturan masih sangat layak,namun karena ada berbagai alasan tertentu sehingga dipastikan tidak akan ada rekrutmen tahun ini,” kata dia.

Namun, Januarsyah tidak menampik salah satu yang menjadi alasan karena ada kaitan dengan pelaksanaan Pilkada Empatlawang. Namun secara keperluan berdasarkan beban kerja dan tugas pokok dan kuncir (tupoksi), jumlah pegawai yang ada di Empatlawang sudah cukup.
Apalagi, menurut dia, untuk rekrutmen kali ini jumlah formasinya terbatas. Formasi yang diadakan, di antaranya dokter, bidan, perawat, guru kelas, serta guru SMK.

“Khusus untuk guru kami sudah diisi dengan pengangkatan honorer, baik dari K-1 serta nanti dari K-2,” ucap dia.

Secara umum, kata Januarsyah, jumlah kekurangan pegawai di Empatlawang kurang lebih 2.000 orang. Berdasarkan kualifikasi pendidikan kekurangan tersebut di antaranya untuk kualifikasi SMA sebanyak 78 orang, Diploma I sebanyak 2 orang, Diploma II sebanyak 7 orang, Diploma III sebanyak 9 orang. Sementara untuk kualifikasi sarjana, Strata 1 sebanyak 220 orang, Strata II 64 orang, dan Strata III sebanyak 1 orang.

“Idealnya, memang mencapai 5.000-an pegawai dan saat ini sudah lebih dari separonya terpenuhi, tapi jumlah itu dilihat dari luas wilayah administrasi dan jumlah penduduk Empatlawang,” ucap dia.

Menyikapi tidak adanya rekrutmen CPNS jalur umum tahun 2013 oleh Pemkab Empatlawang mendapat reaksi keras dari pihak Komisi 1 DPRD Empatlawang. Seperti disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Empatlawang Dedi Harianto, kemarin.

Bahkan hal tersebut sangat tidak masuk akal, mengingat Empatlawang adalah kabupaten baru yang sangat membutuhkan pegawai. “Dasarnya yang jelas apa, mengapa tidak diadakan rekrutmen tersebut, ini kan dilakukan oleh pusat dan daerah sebagai pelaksana, ini hak publik itu yang mesti diingat,” kata Dedi Harianto.

Menurut dia, Pemkab Empatlawang melalui pihak terkait dalam hal ini pihak BKD harus memberikan alasan jelas kepada publik mengenai hal tersebut. Apakah ada keterkaitan dengan anggaran atau SDM pengelola di badan tersebut. Kalaupun yang menjadi alasan karena adanya pelaksanaan Pilkada, jelas tidak masuk akal.
“Nanti akan saya koordinasikan dengan rekan-rekan di komisi dan bisa jadi ada kemungkinan kami akan memanggil pihak BKD dan yang pasti alasannya mengapa. Hal itu yang harus jelas,” ujar Dedi. (Irhamudin)

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

5 Balasan ke Empatlawang Tak Terima CPNS

  1. angga berkata:

    ai empaty lawang ni.. mak mano… dag nerimo cpns ni,,,.

  2. roy suryo berkata:

    tolong dong bagi infonya buat CPNS di 4 lawang
    formasi apa saja yang ada
    link untuk pendaftaran n mendaftranya dikirim kemana yah
    formasi yang adanya apa saja yah
    thanks sebelumnya

  3. balqis berkata:

    kenapa cpns empatlawang tidak ada formasi DIII analis kesehatan untuk laboratorium? kenapa hanya bidan,perawat,dokter dan guru? tolong segenap pejabat Analis kesehatan di adakan formasinya karena penting untuk Laboratorium di RS terutama

  4. deto lintang berkata:

    Memang sangat perlu, BKD L4L dimintai keterangan yang jelas , Kecuali Kab. Empat Lawang, memang tidak memenuhi peraturan BKN Tentang penggusulan penerimaan pegawai. Yang ABK Dan AJAB tIdak boleh lebih dari 50%

    • putra 4 lawang di rantau berkata:

      Sunguh aneh kalau alasan salah satunya masalah pilkada….aduh ampun BKD harus jelassssss alasannya apalagi sudah di publikasikan jangan bikin resa gelisa cari CPNS yg berkualitas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s