MK Selesai Hitung Ulang Pilkada Empat Lawang

Jakarta – Mahkamah Konstitusi telah selesai menghitung ulang perolehan suara di 38 TPS dari 10 kecamatan dalam memeriksa sengketa Pilkada Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

“Pelaksanaan putusan sela Mahkamah sudah dilakukan dengan penghitungan ulang di 38 tempat pemungutan suara (TPS) dan 10 panitia pemungutan suara (PPS) di 10 kecamatan yang disaksikan oleh para pihak,” Ketua Majelis Panel Akil Mochtar, saat sidang di Jakarta, Rabu (17/7).

Akil mengatakan penghitungan ulang di tingkat TPS ini dilakukan karena dinilai susah direkayasa. “Sejago-jagonya orang susah untuk melakukan rekayasa suara di tingkat TPS karena akan disesuaikan dengan DPT, danjumlah pemilih yang mencoblos. Kalau mengubah berita acara, gampang,” katanya.

Akil mengatakan hasil penghitungan ulang ini akan dirumuskan sehingga bisa diputuskan siapa pemenang Pilkada di Empat Lawang.”Untuk itu para pihak selanjutnya menunggu panggilan untuk mendengarkan putusan,” kata Akil, sambil mengetuk palu menutup sidang.

Kuasa hukum pemohon, Ari Yusuf Amir, optimis pihaknya akan memenangi Pilkada Empat Lawang. “Kami optimis menang, setelah dilakukan hitung ulang kami mendapatkan 937 suara. Ini fakta sidang yang tidak bisa digugat,” kata Amir.

Namun, lanjutnya, tetap menunggu keputusan majelis hakim yang berhak memutuskan siapa pemenangnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, MK telah memerintahkan KPU untuk menyerahkan kotak suara dari 38 TPS di 10 kecamatan di Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan untuk dilakukan penghitungan ulang.
Ke-38 TPS tersebut berasal dari 10 desa di Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang yaitu Desa Tanjung Tawang, Desa Pajar Menang, Desa Niur, Desa Gedung Agung,Desa Seleman Ulu, Desa Muara Pinang Lama, Desa Sukadana, Desa Batu Jungul, Desa Sapa Panjang, dan Desa Sawah.

MK menegaskan bahwa penyerahan kotak suara tersebut beserta dokumen lain yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT), Formulir Model C-KWK.KPU beserta lampirannya, Formulir Model C2-KWK.KPU Plano, Formulir Model D-KWK.KPU beserta lampirannya, dan Formulir Model DA-KWK.KPU beserta lampirannya.

MK melakukan pengitungan ulang ini karena dalam fakta sidang tidak mendapati adanya kesesuaian antara bukti yang diajukan baik oleh Pemohon, Termohon, maupun Pihak Terkait, sehingga tidak dapat menentukan kebenaran dari masing-masing dokumen bukti yang diajukan oleh para pihak dalam sidang sengketa Pilkada. Mahkamah meragukan keabsahan dokumen bukti yang diajukan oleh para pihak, maka Mahkamah memandang perlu untuk melakukan penghitungan sendiri surat suara 38 TPS.

Sengketa Pilkada Kabupaten Empat Lawang diajukan oleh pasangan Budi Antoni Aljufri-Syahri ke MK yang mendalilkan terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Empat Lawang sebagai Termohon dan juga pasangan Joncik Muhammad-Ali Halimi sebagai pihak terkait. Menurut pemohon, selisih jumlah 997 suara yang mempengaruhi kemenangan pihak terkait seharusnya menjadi suara miliknya. Selain itu, pelanggaran lain yang terjadi yaitu adanya penambahan jumlah suara di Kecamatan Muara Pinang terhadap suara milik pihak terkait oleh PPK Kecamatan Muara Pinang.

Hasil rekapitulasi KPU telah menetapkan pasangan Joncik Muhammad-Ali Halimi sebagai pemenang setelah memperoleh 63.527 suara. Sedangkan pasangan pejabat kini (Budi Antoni Aljufri-Syahri) meraih 62.975suara atau selisih 552 suara sah. Sementara pasangan Samsul Bahri-Ahmad Fahruruzam hanya meraih 3.453 suara dari total suara sahsebanyak 129.955. (HST/ANT)

——————————————

Sumber : Sayangi.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

3 Balasan ke MK Selesai Hitung Ulang Pilkada Empat Lawang

  1. JEMO 4 LAWANG berkata:

    Siapapn org ny siappn pmimpiny 4 lwang nie,pimpin lah dgn bijak.
    Krn 4 lawang in bukn krajaan.bukn jug milik sbuah golongan.

  2. Detolintang berkata:

    Ayo..info yg mana yg deal. Versi SRIPO 941.
    Versi mangoci4lawang (Sayang.com) 937. Kito tunggu uji mang Akil Mochtar..

  3. dokon ulumusi berkata:

    Semoga lancar lancar saja pak yusuf dan keputusannya nanti sesuai dengan fakta ersidangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s