Empatlawang Diguncang Isu Kerusuhan

TEBING TINGGI – Kabupaten Empatlawang diterjang isu kerusuhan menjelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pilkada yang menyebar pesan singkat via ponsel.

Isu kerusuhan dan bentrok disampaikan melalui layanan pesanan singkat (SMS) ke beberapa pihak termasuk tim pendukung pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (cabup dan cawabup). Bahkan, isu pembunuhan dan penculikan kerap diterima sejumlah pihak.

“Banyak macam isi SMS yang kami terima. Mulai dari pembunuhan, kerusuhan, bentrok, hingga lainnya. Pesan disampaikan melalui nomor yang tidak jelas,” ungkap salah seorang pejabat di Empatlawang yang enggan disebutkan namanya.

Camat Tebing Tinggi Alhumaidi Saman mengakui banyak isu menyebar terkait kerusuhan yang bakal terjadi di Empatlawang khususnya di Tebing Tinggi pasca putusan MK. Isu bentrok semakin santer dan marak dibicarakan dan sudah menyentuh unsur kedaerahan. Isu yang menyebar dikhawatirkan akan memecah belah masyarakat Kabupaten Empatlawang. Isu sering kali membahas asal usul daerah kandidat cabup dan cawabup sehingga suasana bisa memanas dan bisa memicu konflik.

”Anehnya, saat ditelepon balik nomor yang menyebarkan isu itu sudah tidak aktif. Namun, kami tetap waspada danmengajak masyarakat tidak terpancing isu apa pun yang dapat merugikan semua pihak,” tutur dia, kemarin.

“Kalau dibiarkan bisa menjadi ancaman perpecahan di Empatlawang.
Ini (isu) bukan lagi menyangkut siapa menang dan kalah, melainkan lebih kepada egoisme dan emosional yang mengatasnamakan kedaerahan,” ujar pemerhati masalah sosial di Empatlawang AH Azhari, kemarin.

Menurutnya, masyarakat harus segera diberikan informasi jelas dan sebenarnya sehingga pemahaman mengenai isu tersebut tidak menimbulkan dampak negatif. Apabila tidak segera disampaikan, dikhawatirkan langsung dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk kepentingan mereka.

“Informasi dapat disebarluaskan melalui media termasuk soal pemberitaan. Jangan sampai berita yang diinformasikan berpotensi menimbulkan konflik termasuk menyudutkan pihak-pihak yang sedang beperkara,” ujarnya.

Sementara itu, Mahkamah Konstitusi (MK) kemarin kembali menghentikan sidang penghitungan suara ulang Pilkada Kabupaten Empat Lawang. Ketua MK M Akil Mochtar menunda sidang esok hari (hari ini-Red) dikarenakan masih ada 6 kotak yang belum dihitung.
“Sidang ditunda besok (Rabu 17/7). Kami mulai jam 09.00 WIB. Dengan ini sidang saya nyatakan selesai dan ditutup,” ujar Akil di Ruang Sidang Pleno MK.

Pada sidang sebelumnya, MK sudah memeriksa sekitar 32 kotak suara dari 48 kotak suara di 38 TPS pada 10 desa di Kabupaten Empat Lawang, yakni di Desa Tanjung Tawang, Pajar Menang, Niur, Gedung Agung, SelemanUlu, Muara Pinang Lama, Sukadana, Batu Jungul Sapa Panjang, dan Sawah.

Sidang ini merupakan tindak lanjut putusansela MK Nomor 71/PHPU.D-XI/2013 Kabupaten Empat Lawang yang diputus MK pada 8 Juli 2013. Dalam putusan tersebut, MK memerintahkan KPU untuk membawa kotak suara hasil pemungutan suara di 38 TPS paling lambat empat hari setelah MK menjatuhkan putusan.

Sebelumnya dalam putusan tersebut, MK meminta kepada KPU Kabupaten Empat Lawang untuk membawa kotak suara hasil pemungutan suara di 38 TPS paling lambat empat hari setelah MK menjatuhkan putusan.

“Mahkamah Konstitusi (MK) meminta kepada KPU Kabupaten Empat Lawang untuk membawa kotak suara hasil pemungutan suara di 38 TPS pada 10 desa di Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, yaitu Desa Tanjung Tawang,Desa Pajar Menang, Desa Niur, Desa Gedung Agung, Desa Seleman Ulu, Desa Muara Pinang Lama, Desa Sukadana, Desa Batu Jungul, Desa Sapa Panjang, dan Desa Sawah beserta dokumen lain kepada Mahkamah paling lambat empat hari sejak putusan diucapkan,” urai Akil bacakan amar putusan pada 8 Juli 2013.

Selain itu, MK memerintahkan KPU SumateraSelatan, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Empat Lawang, dan Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Empat Lawang untuk mengawasi pelaksanaan putusan Mahkamah.

Dalam pokok permohonannya, Pemohon mendalilkan telah terjadi kesalahan penghitungan suara oleh Termohon, yaitu pengurangan suara Pemohon dan penambahan suara Pihak Terkait di 10 desa pada Kecamatan Muara Pinang.
Atas permasalahan hukum tersebut, Mahkamah telah melakukan penilaian dengan mempersandingkan alat bukti surat/tulisan yang diajukan oleh para pihak yaitu berupa Formulir Model C-KWK.KPU di 10 desa pada Kecamatan Muara Pinang, yaitu Desa Tanjung Tawang, Desa Pajar Menang, Desa Niur, Desa Gedung Agung, Desa Seleman Ulu, Desa Muara Pinang Lama,Desa Sukadana, Desa Batu Jungul, Desa SapaPanjang, dan Desa Sawah. (Irhamudin)

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

19 Balasan ke Empatlawang Diguncang Isu Kerusuhan

  1. torik ertanding berkata:

    Kito ni jemo empat lawang masih ding-begading galo. Jakdi ulu ka ilir, jakdi kidau ke kanan masih ado osoran. Jadi, jangan mudah tepancing isu nyo nedo betanggung jawab. Dapat sms, kalu positif, silakan disebarluaskan. Kalu negatif, hapus bae. La waktu o, Empat Lawang ni kito bangun, jangan sampai ado kerusuhan, jangan ado nyawo melayang. Jangan sampai ado harto dikorbankan. Kito ni ding-begading galo. Masing2 harus menahan diri, jangan memprovokasi dan jangan mudah terprovokasi!

  2. Mustikaratih berkata:

    sek jme Hba nich pcak o nk jdi bupati glo ,t’kiak o b lok d’ganjal dngan nior (kelapo) nyekekeng ck alap lok rajo glo,,
    #prubahan

  3. linoki berkata:

    Sekarang kita masyarakat empat lawang lagi diuji dengan pendidikan dan pemahaman untuk berpolitik yang bersih semoga semua ini jadi pengalaman untuk dijadikan pembelajaran ke depan, yang pada akhirnya nanti kabupaten empat lawang dapat terwujud pemimpin yang benar2 adil, bersih serta mampu meningkat kabupaten empat lawang disetiap sektor yang dapat meningkatkan kemajuaan pertumbuhan, ekonomi, pendidikan, keamanan dan politik… Amin,

  4. doi berkata:

    isu yang dibuat oleh sekelompok orang yg tak pantas hidup di dunia..
    hal tersebut adalah sebuah fitnah..maka dari itu orang yang menyebarkan isu tersebut..wajiblah mendapat hukuman yang alami yakni sebuah kesengsaraan dalam hidupnya..amin..

  5. Jemo 4 lawng berkata:

    Klu bukn ulah org2 yg taruhan,,yg mnybrkn isu krusuhan siapa lg,cob andainy pilkada tdak dijadihkn ajang perjudian di kabuptn 4 Lawang ini,aq ykin tdk akn trjdi kributn/korbn jiwa.krn pemicu/otak /dalang dari krusuhan it adalh para pnjudi2 itu..
    Smga 4 lawang in tdk ad kjadian2 yg saling mrugikn,smga isu krusuhn,skdar isu.

  6. AL JABRIK berkata:

    YANG TERBAIK ADALAH PEMIMPIN YANG AMANAH, MENGGUNAKAN AMANAH RAKYAT DENGAN HATI DENGAN CARA BERKERJA UNTUK RAKYAT, BUKAN PEMIMPIN YANG MENUMPUK HARTA KEKAYAAAN, KOLEKSI MOBIL MEWAH DIJAKARTA (WALAU DENGAN NAMA ORANG LAIN), KOLEKSI MOTOR BESAR, MEMPERKAYA DIRI DAN GOLONGAN (ADIK SANAK, ADIK IPAR, MERTUA)… INGATLAH SESUATU AKAN ADA BATASNYA, SEDANG REZIM SOEHARTO PUN RUNTUH APALAGI CUMA KEPALA DAERAH SETINGKAT KABUPATEN.. (

  7. JEMO TALANG BETAHUN-TAHUN KATEK LISTRIK berkata:

    “(Nunggak 5 Bulan, Listrik Dishubkominfo Empat Lawang Diputus)”
    Kendak ku rumah dinas bupati yang di putus, jadi samo raso dengan kami Jemo Talang…

    • dokon uluan berkata:

      Pantasan pulo kaban ni idup saro amon doa be katek nyo alap kaban ni pacak bedoa nyo jaat galo nee….

    • Mukadimah berkata:

      suai la ngan kondisi kaban ni Jemo Talang, ilok dibalas ilok, dangkan jaat dibalas jaat, la pantas kaban hidup saro……itu hukuman dri Allah swt nyela……

    • deto lintang berkata:

      Jangan lo itu kanco…, kamuru..Lintang tekenal o kopi eee…me tempoyak+lempoh nginao baeee lo…aiii…jijiiaa..!! asoku…., Kance. Me Duren itu pai mantap+belah duren pulo..ha…99x.

      • dokon ulumusi berkata:

        Ternyato pak deto ni pacak nian bekelakar awak jenakoan pulo so deto sanak ne heheheheh

  8. FADLI ZAINI berkata:

    aku mintak nian sapo be nyo menang di MK kelo kito terimo dengan lapang dada.
    aku berharap kito pacak sabar nahan diri, jangan memancing dan terpancing emosi
    aku pengen daerah kito ni aman, tentram dan damai, mako kito lemak nontot sen..
    kito jangan bango, galak milu jemo ribut2, apo agi muat kerusuhan ngancorkan daerah dewek
    aku ni jemo lintang asli, uma di pendopo. sapo be nyo menang bagi ku semegi bae
    karno aku bukan tim sukses sapo bae, mpok pemilian tadi aku milih joncik
    Terakhir. aku mintak ngan kapo dengan rombongan tim sukses, nedo sala nak beributan
    jemo la keruan galo baso kamu ru la dapat iming-iming, ado nyo nak diangkat PNS atau mintak jabatan, ado pulo nak mintak proyek besak, dan lain-lain
    Payo kito jago ketentraman dibulan puaso ni, mako lemak riayo kelo

    • Mukadimah berkata:

      rombongan HBA nendak pule nak ribot ssss, yg nyebarke sms ngancam nak buat rusuh ru rombongan Jonli tu la…..kinaki be, nedo jemo HBA yg nak buat ribut….., SMS berantai yg buat 4Lwang nak dihancurke dri siapo…..

      • dokon ulumusi berkata:

        Jemo HBA ni sabar galo jemonyo dan jugo nedo nak mendahulukan kekuatan otot nyo kami dahulukan akal sehat dan sikap intelektualitas…….

      • deto lintang berkata:

        naaa….uji jemo kaban ni la melebi Kyai, Cuman mase na……….?????????

  9. Adjie llg berkata:

    Semoga 4lawang tetap aman.siapapun yg menang.adalah putra terbaik 4 lawang,mari kita dukung demi kemajuan 4lawang kedepan.amiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s