Gaji Guru Honor Sekolah Unggulan Ngadat Tiga Bulan

TEBING TINGGI – Sejumlah guru honor sekolah unggulan di Kabupaten Empat Lawang mengeluh, karena sudah tiga bulan gaji ngadat diduga belum dicairkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik). Padahal seyogyanya, gaji para pendidik itu sudah cair awal Juni lalu.

”Hingga saat ini gaji kami belum juga cair, mewakili rekan-rekan guru honorer lainnya kami hanya ingin menuntut hak sebagaimana semestinya,” ungkap salah seorang guru honorer menolak identitasnya disebutkan, kemarin.

Kata guru honor itu, gaji mereka lumayan besar dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, apa lagi sekarang sudah menyambut bulan suci rahamadan. “Kita membutuhkan biaya, karena masih berstatus guru honorer. Kalau sudah menjadi guru PNS tidak masalah karena gaji tetap sudah ada,” akunya menambahkan, kadang hanya mengandalkan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan setiap bulannya.

Para guru honorer belum mengetahui apa alasan Disdik menunda pencairan gaji mereka. Karena setiap tiga bulan gaji tersebut sudah bisa didapatkan, namun sekarang sudah lebih dari tiga bulan belum juga dicairkan.

Dia berharap gaji tersebut dapat sesegera mungkin dicairkan. Karena yang ia takutkan nantinya seperti tunjangan sertifikasi dua bulan hingga kini belum dicairkan.

Semetara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) H. Akisropi Ayub melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Regi Subono membenarkan, hingga saat ini gaji guru honorer sekolah unggulan belum dicairkan.

Menurut Regi, alasan keterlambatan pencairan gaji tersebut karena di Kabupaten Empat Lawang terdiri dari enam sekolah unggulan. Jadi pengusulannya harus sama, dan sekarang menjadi kendala bagi pihaknya pengumpulan berkas tersebut tidak serentak. “Kita terpaksa menunggu dari sekolah lain yang belum mengumpulkan berkasnya,” katanya.

Pengusulan itu tidak bisa dilakukan persekolah, namun itu diusulkan secara bersamaan. Untuk saat ini kita sedang melengkapi berkas dari masing-masing sekolah. Nah, semestinya gaji tersebut sudah bisa dicairkan pada bulan Mei, namun persoalannya tadi karena keterlambatan sekolah mengumpulkan berkas.

Regi menambahkan, yang pastinya gaji tersebut akan sesegera mungkin dicairkan dan asalkan nama-nama guru itu tercantum pasti dapat, kemudian harus sesuai dengan SK.

Menurutnya, mengenai keterlambatan pencairan itu hal yang wajar-wajar saja, karena kita butuh proses dan tidak begitu masuk berkas langsung dicairkan. “Meskipun pencairan gaji terlambat, namun untuk para guru harus melaksanakan tugasnya sesuai dengan tangungjawabnya sebagai seorang guru,” kata Regi meyakinkan, dalam bulan Juli 2013 ini, gaji para guru honorer sekolah unggulan akan cair.
(Tono)

——————————————

Sumber : KABARkite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

4 Balasan ke Gaji Guru Honor Sekolah Unggulan Ngadat Tiga Bulan

  1. roy berkata:

    sekali lagi pemetintah kab.empat lawang.
    tolong dalam hal kesejatraan kehidupan tenaga pendidik harus anda pelototi. bukan sekedar anda lihat.
    ketahuilah bahwa dari mana anda bs menulis. membaca. berbicara. tegak berdiri tegap di hadapan orang banyak. semua itu anda dapatkan dari seorang guru. jadi tolong pemerintah di bidang institusi kepegawaian guru. haruslah anda mensjatrakan para guru yang honorer di mn pun dia mengajar.jangan dilihat tenaga honorer yg mengajar di sekolah unggulan saja. samakan juga kesejatraan guru honorer yg mengajar di sekolah yg tidak di unggulkan.

  2. putra 4 lawang di rantau berkata:

    Bayarkan kalau memamang sudah menjadi hak orang, alasan karena harus serentak memang benar tapi terlambatnya terlalu lama, belajar gesit dinas pendidikannya, atasan pantau turun kebawah, tanggap bencana bisa satu hari bahkan hitungan jam, harusnya bisa cepat juga kok…harus tanggap…..

  3. Memang Diknas 4lawang kinerjanya kurang memuaskan bagi guru honorer. Sudah -+4 bulan tunjangan fungsional non pns di umumkan daftar namo dgn no rekening. Tapi msh blm bisa dicairkan oleh pihak bank karena blm ada perintah bayar dari diknas. Mamane ceritenye..makin lame makin parah kerja kalian diknas

    • joel lintang berkata:

      namonyo telat itu kapo semingu, cuma kalu la 4 bln kalu la maen2 ste . . Namo nyo UNGGULAN cm gajio ngadat. Malu2kan bae . Seni dibaco jemo banyak, ado tadi honoreqnyo nenda ngenjuk tau identitaso. Ngapo ? Maluan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s