Jelang Ramadhan Masyarakat Datangi Pemakaman


Foto : Beberapa warga di Kecamatan Tebing Tinggi, menyempatkan diri melakukan ziarah kubur di TPU Jayaloka, sebelum tibanya bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah.

TEBING TINGGI – Jelang datangnya bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah, ratusan warga Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang menyempat diri untuk berziarah ke pemakaman sanak keluarganya yang sudah meninggal.
Kegiatan seperti ini sudah menjadi tradisi warga, bahkan terjadi di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Empat Lawang.

Seperti yang ada di area Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Jayaloka, Kecamatan Tebing Tinggi, Minggu (7/7). Sejak beberapa hari terakhir menjelang tibanya bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah, warga berdatangan ke TPU ini untuk melakukan ziarah. Mereka membersihkan makam-makam sanak keluarganya, dari rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar makam. Selain itu, peziarah ini juga melakukan pembacaan ayat-ayat Al-Quran seperti Surat Yaasin serta berdoa, untuk kelurga mereka yang sudah meninggal tersebut.

“Kami menyempatkan diri untuk berziarah kesini, karena besok sudah memasuki bulan puasa,” ungkap Syifa (47), warga Tebing Tinggi, kemarin.

Dikatakannya, sudah menjadi kebiasaan atau tradisi warga setempat, untuk melakukan ziarah kubur menjelang datangnya bulan puasa atau waktu-waktu tertentu. “Selain menjelang puasa, tradisi ziarah kubur juga selalu dilakukan menjelang datangnya hari raya Idul Fitri dan Idul Adha,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan peziarah lainnya, Agus (56). Kakek yang mengaku sudah mempunyai 15 orang cucu ini, melakukan ziarah ke makam istri dan anaknya yang sudah meninggal beberapa tahun silam. Bersama anak dan beberapa orang cucunya, Agus membersihkan makam dan berdoa serta membaca ayat-ayat suci Alquran disamping makam istri tercintanya.
“Hal seperti ini sudah saya lakukan setiap tahun,” ujarnya singkat.

Diperkirakan, tradisi ziarah ke pemakaman seperti ini akan semakin ramai pada besok (hari ini, red) karena merupakan hari terkahir sebelum tibanya bulan suci Ramadhan. Selain itu, ziarah kubur juga akan kembali ramai, menjelang tibanya perayaan Idul Fitri dan Idul Adha nanti.
(Tono)

——————————————

Sumber : KABARkite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s