Jatah Elpiji Empat Lawang Dijual di Kikim Kabupaten Lahat

LAHAT – Pendistribusian elpiji dengan tabung 3 kilogram rayon Empat Lawang, ternyata masih bocor ke wilayah Kabupaten Lahat. Hal ini terjadi di wilayah Kecamatan Kikim Barat, Selatan, Timur dan Tengah, dimana masyarakatnya menggunakan jatah gas bersubsidi warga Empat Lawang.

Belum diketahui penyebab persoalan ini dengan persis, tapi warga mengaku masih banyaknya warga Kabupaten Empat Lawang menggunakan kayu bakar membuat kebutuhan gas elpiji kurang diminati.

Pendistribusian gas elpiji ini rutin dilakukan penyalur dari Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang kepada pengecer di wilayah empat kecamatan di Kabupaten Lahat tersebut. Meski menyalahi aturan, sebab disalurkan bukan di rayonnya, tapi penjualan ini masih terus berlangsung. “Kalau informasinya, di Tebing Tinggi warga yang menggunakan gas masih kurang. Orangnya masih banyak menggunakan kayu bakar,” kata Maimun (34), warga Kikim Barat.

Jual beli elpiji jatah warga Tebing Tinggi di luar rayonya makin lancar, didukung kurangnya pendistribusian gas dari Kota Lahat. Sedangkan harga beli pengecer dari penyalur Rp 13.500 per tabung 3 kilogram. Sehingga masih memberikan keuntungan bila dijual kembali kepada masyarakat Rp 17 ribu pertabung.

“Hampir seluruh warung yang jual gas, belinya dari penyalur Tebing Tinggi,” kata Handoyo (45), Warga Desa Sungai Laru, Kikim Barat.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten LAhat Drs Suhirdin MM, melalui Kasih Penyediaan dan Penyaluran Saparudin menyatakan, seluruh elpiji bersubsidi harus disalurkan dalam wilayah rayonnya. Dengan demikian, apa yang dilakukan penyalur di Tebing Tinggi telah menyalahi aturan.

“Sudah ada ketentuan rayon penjualan masing-masing. Setiap rayon sudah ada koutannya. Kalau memang terjadi, kami minta masyarakat melapor,” tegasnya.
(rif)

——————————————

Sumber : Palembang Pos

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s