Banyak Siswa Buta Aksara Lulus UN

TEBING TINGGI – Disinyalir masih banyak siswa tamat SD di Kabupaten Empat Lawang tidak bisa baca tulis tapi lulus ujian. Sehingga kualitas serta sistematis program lembar jawaban Ujian Nasional (UN) dipertanyakan.

Hambali (33) warga Kecamatan Tebing Tinggi, mengungkapkan, ada sejumlah anak SD di Kabupaten Empat Lawang tidak bisa baca tulis tapi lulus UN dengan nilai yang baik. Sehingga saat mereka masuk SMP sederajat kelulusan mereka dipertanyakan karena mereka harus mengikuti tes tertulis.

“Kami pertanyakan kinerja guru dalam mengajar, kenapa anak-anak yang tidak bisabaca tulis tersebut bisa lulus,” ucapnya.

Ia juga menegaskan, peranan lembar soal jawaban UN juga sangat dipertanyakan, bukan saja anak SD yang mampu menjawab dan mengisi lembar jawaban tetapi anak taman kanak-kanak juga mampu untuk mengisi lembaran jawaban hingga ke tingkat SMA.

“Kalau cuma membuat contengan dan dibulat-bulatkan dari berapa pilihan ganda, jangan suruh anak SD atau SMA. Anak saya yang masih TK saja bisa,” ucapnya.

Kepala SMPN 3 Saling, Hilyati mengatakan saat melakukan orientasi pihak sekolahnya menjaring sekitar 6 siswa baru yang tidak bisa baca tulis dan menghitung. Hal tersebut membuat pihak sekolah tidak bisa menolak keberadaan siswa yang lulus UN tersebut.

“Tugas guru hanya mengajar dan membimbing saja. Kita akan membimbing anak-anak tersebut agar bisa membaca dan menghitung dengan secepatnya. Ini merupakan dampak dari lembar ujian nasional dengan pilihan ganda,” katanya.

Saat ditanya faktor penyebab anak lulus UN tapi tidak bisa baca? Ia mengungkapkan bayak faktor yang mempengaruhinya, seperti hubungan emosional pihak keluarga dengan sekolah, dampak lembar jawaban UN sendiri, kualitas guru yang mengajar dan pertimbangaan pihak sekolah pada dampak psikologis anak.

“Kami tidak bisa menolak mereka karena mereka lulus UN dengan baik, tapi kami jugapertanyakan kualitas guru yang mengajar mereka di SD dulu,” pungkasnya. (04)

——————————————

Sumber : Linggau Pos

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s