Saksi Pasangan JONLI Tuduh Pemohon Lakukan Mobilisasi PNS

JAKARTA – Sidang lanjutan terhadap perkara perselisihan hasil pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Empat Lawang kembali digelar oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada Rabu (3/7) di Ruang Sidang Pleno MK.

Sidang perkara dengan Nomor 71/PHPU.D-XI/2013 ini dimohonkan oleh pasangan calon nomor urut 1 Budi Anthoni Aljufri-Syahrial Hanafi (BERHASIL).

Dalam sidang pembuktian tersebut, pasangan Joncik Muhammad-Ali Halimi (JONLI) selaku Pihak Terkait mengajukan sepuluh orang saksi. Para saksi tersebut, di antaranya menerangkan tentang kehadiran para saksi dari semua pasangan calon.

Salah satunya dijelaskan oleh Samsuri, saksi pasangan Pihak Terkait di PPS Desa Seleman Ulu, Kecamaran Muara Pinang. “Semua saksi pasangan calon hadir pada saat rekapitulasi di PPS Desa Seleman Ulu, namun saksi pasangan calon nomor urut 1 pergi di tengah-tengah pemungutan,” jelasnya di hadapan Majelis Hakim yang diketuai oleh Ketua MK M. Akil Mochtar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Keindahan Kota/Kabupaten Empat Lawang Syarkowi Thohir menerangkan adanya upaya mobilisasi oleh pasangan Pemohon dalam rapat di rumah dinas Ketua DPRD Kab. Empat Lawang David Hadrianto Aljufri. “Di situ kami diarahkan untuk memilih pasangan calon nomor urut 1. Hubungannya karena Ketua DPRD adalah adik kandung Budi Anthoni,” paparnya.

Kemudian Ahmad Tabrani yang merupakan tim sukses pasangan Pihak Terkait menjelaskan telah menangkap tim pasangan calon Pemohon pada 7 Juni 2013 ketika melakukan pelanggaran.

“Pelanggaran tersebut yakni tim pasangan Pemohon diduga telah menukar dan mengganti model C1-KWK.KPU di daerah Gaung, Desa Sugi Waras, Kecamatan Tebing Tinggi pada tanggal 7 Juni malam dengan menggunakan mobil jenis APV,” paparnya.

Sahkan Alat Bukti

Dalam sidang terakhir tersebut, Majelis Hakim yang juga terdiri dari Hakim Konstitusi Maria Farida Indrati dan Anwar Usman tersebut mengesahkan beberapa alat bukti yang diajukan oleh Pemohon.

“Para pihak yang berpekara diharapkan menyerahkan kesimpulan esok hari tanggal 4 Juli 2013 pada jam kerja,” jelasnya.

Dalam pokok permohonannya, Pemohon mendalilkan empat pelanggaran yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Empat Lawang dan Pihak Terkait yang menyebabkan hilangnya sejumlah 977 suara Pemohon.

Keempat pelanggaran tersebut di antaranya penambahan suara terhadap Pihak Terkait dan pengurangan suara Pemohon.
Pengurangan suara tersebut terjadi di empat desa. Selain itu, pelanggaran lain yang terjadi yaitu adanya penambahan jumlah suara di Kecamatan Muara Pinang terhadap suara milik Pihak Terkait oleh PPK Kecamatan Muara Pinang.
Tak hanya itu, Pihak Terkait juga dinilai melakukan intimidasi dengan melakukan pembacokan dan lainnya.
(Lulu Anjarsari/mh)

——————————————

Sumber : mahkamahkonstitusi.go.id

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

14 Balasan ke Saksi Pasangan JONLI Tuduh Pemohon Lakukan Mobilisasi PNS

  1. roy berkata:

    kt masyarakat empat lawang jangan bodoh.
    siapa pun pemimpin maka ia memegang teguh kepemimpinan yg jujur adil dan bekerja sesuai amanah pekerjaan yg harus di lakukan dan di laksanakan dg baik. jadi marilah jadi manusia masyahrakat yg pintar dalam menerima pemimpin yang amanah. pemimpin yg dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan kota dan kemajuan SDM di saat kepemimpinannya

  2. sa'ang ita berkata:

    betul kata ustman, anda2 memfonis tanpa hak dan tidak mematuhi azas praduga tak bersalah, ini dah mau puaso, cepatlah beristighfar, karno so kamu2 ru ado kepentingan pribadi,jgn galak di pebuyo oleh jmo besongkok haji padahal preman, keriak masyarakat be dibujuk yo belago sedusu, adek begadek,nah jmo preman lok inia nak dijadikan pemimpin

  3. saipudin berkata:

    bughet ngan mulot samo bae
    nedo jonli nedo berhasil ngabesi galo,, rakyat makan tai o,
    ado tai jonli ado tai berhasil

    • kita sebagai rakyat sangat salah bersikap seperti itu. kalau kita sendiri tidak percaya sama pemimpin apa jadinya kab. ini nanti, disini kita ditugaskan memilih pemimpin yang dipercaya, demi kmjuan kab. ini tentunya sedangkan sikap yang anda tunjukan itu apatis

      generasi 4 lawang.

  4. klu rego kawo maseh murah………..nedo keaman daerah kto ru……….kecuali pejabat o mantan Bandet glo…….dkit2 nujah, cuman ngan bini ndo begani,

  5. jelas KPK akan menyelidikinya,Pasar Pendopo saja NEDO UDEM2 Ceka mak ini

  6. reviolanda berkata:

    Damai oi….smi kto nila sne…

  7. Berdasar’kan bukti2 yng d’jlas’kn s’hruzny MK dpat m’mutus’kn lau pmenangny ttap jonli ,d’sbab’kn pmohon tdak dpt m’nyrah’kn bukti mngena’i perkara yng pmohon ajukan ,,,
    dan sekarang masalah HBA sdah d’MK dan di lanjutkan ke KPK s’moga sampai ke penjara…amin

  8. Deto lintang berkata:

    Memasuki sidang ke 5 di MK. Mulai terkuak pasangan mana yang telah melakukan kecurangan dengan cara mobilisasi/mengarahkan dgn unsur intimidasi. Itu terbukti pada kesaksian salah satu kepala Dinas SKPD, belum lagi guru2 honorer dan PNS yang di intimidasi (akan dipecat dan di mutasikan) oleh kepala sekolah/kepala Dinas yang terkait(jelas melanggar HAM dalam Pelaksanaan PEMILU). Bila tidak mendukung BERHASIL. Menurut saya kondisi 4L sekarang sama dengan masa reformasi 98, tapi yang ingin kita tumbangkan adalah rezim al jufri. HIDUP PERUBAHAN. PERUBAHAN YES.

    • FADLI ZAINI berkata:

      KALAU HBA MENANG AKAN BERDIRI DINASTI ALJUFRI DI KABUPATEN EMPAT LAWANG
      REZIM TERSEBUT HARUS DITUMBANGKAN

    • utsman bin affan berkata:

      Astagfirulllah haladzim komentar komentar yg sudah menghakimi seseorang berdasarkan sentimen pribadi…banyak banyak lah istigfar..dan janganlah sekali kali mengatasnamakan masyarakat banyak karena anda komentar bukannya mewakili masyarakat empat lawang secara keseluruhan tetapi mewakili kelompok dan golongan anda sendiri….astagfirullah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s