Ramadan, Stok Beras Aman

TEBING TINGGI – Pemerintah Kabupaten Empatlawang melalui Dinas Pertanian, Perikanan, Peternakan, dan Ketahanan Pangan (DP3KP) memastikan stok beras di Empatlawang menjelang dan selama Ramadan aman.

Kepala DP3KP Empatlawang Rudianto mengatakan, salah satu yang menjadi alasan mendasar amannya stok beras di masyarakat karena saat ini beberapa daerah sentra penghasil beras di Empatlawang sudah memasuki masa panen. Bahkan untuk rentang bulan Juli–- Agustus merupakan masa panen secara umum di wilayah Empatlawang.

“Melihat kondisi yang ada saat ini dan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kebutuhan akan beras di Empatlawang menjelang puasa dan selama bulan puasa aman,” kata Rudianto, kemarin.

Apalagi, menurut Rudianto, rata-rata masyarakat Empatlawang masih mengonsumsi beras lokal. Dalam arti beras yang berasal dari petani di Empatlawang sendiri. Selain itu, jumlah warga Empatlawang yang menjadi petani padi selain kopi juga cukup banyak sehingga indikator stok beras terkategori aman.

“Rata-rata tiap kecamatan di Empatlawang ini termasuk penghasil beras.
Meskipun untuk sentra tidak semuanya, untuk kebutuhan jelas cukup,” ucap dia.

Rusdianto mengatakan, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk mengantisipasi segala kemungkinan terkait ketersediaan pangan selama bulan Ramadan.

“Namun untuk leading sector semisal harus dilakukan operasi pasar itu kewenangan pihak Disperindag,” kata dia.
Di beberapa wilayah kecamatan yang termasuk sentra beras di Empatlawang seperti di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Lintang Kanan, dan Muara Pinang saat ini memang sudah memasuki masa panen. Meskipun hal itu belum menyeluruh, karena tidak serempaknya musim tanam. Warhan, petani di Desa Muara Karang, Kecamatan Lintang Kanan memperkirakan untuk masa panen serentak di wilayah tersebut sekitar 3 minggu lagi atau diperkirakan sudah memasuki bulan puasa.

Meskipun harga beras saat ini cenderung naik, stok beras tersedia cukup banyak. “Beli di warung biasa atau di pabrik penggilingan jelas ada, karena beras memang sedang banyak sekarang,” ujar dia.

Hanya saja, keluhan datang dari para petani di daerah Paiker. Karena memasuki musim kemarau areal persawahan di kawasan itu banyak yang diserang hama tikus.
(Irhamudin)

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s