Sidang Sengketa Pemilukada Kab. Empat Lawang, MK Konfrontir Para Saksi


Pimpinan Sidang Panel Ketua Mahkamah Konstitusi M. Akil Mochtar, Hakim Konstitusi Maria Farida Indrati dan Anwar Usman sedang memeriksa Saksi Pemohon Nomor 71 Hairani dan Jolly dalam Sidang Perselisihan Hasil Pemilukada Kab. Empat Lawang di Ruang Sidang Pleno Gedung MK. Foto Humas/Ganie.

JAKARTA – Majelis hakim konstitusi yang dipimpin Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) M Akil Mochtar, mengkonfrontir keterangan saksi yang diajukan petahana Bupati-Wakil Bupati EmpatLawang, Budi Antoni Aldjufri-Syahril Hanafiah (pasangan Berhasil) pemohon perkara 71/PHPU.D-XI/2013 dengan saksi yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang, dalam sidang Sengketa Pemilukada Kabupaten Empat Lawang, Selasa (02/07/2013).

Kailani, saksi yang diajukan Pemohon menerangkan dirinya tidak pernah diberi dan tidak menandatangani formulir salinan rekapitulasi penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 desa Niur, Kecamatan Muara Pinang. Dirinya juga mengaku dijemput oleh tim sukses pasangan Joncik Muhammad-Ali Halimi (pasangan Jonli) pada malam hari dan diminta untuk mau menandatangani formulir rekapitulasi penghitungan suara yang belum terisi atau kosong.

Bahkan Kailani mengungkapkan, dirinya diiming-imingi sejumlah uang dari timsukses Jonli dan Kepala Desa Niur bernama Jauhari untuk menyetujui penambahan suara bagi pasangan Jonli, namun tawaran tersebut ditolak oleh saksi.

Keterangan Kailani, juga disampaikan Jolly Saputra, anggota Kelompok Penyeleggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 1 desa Niur. Jolly mengungkapkan tidak pernah menandatangani salinan rekapitulasi penghitungan suara TPS.

Persoalan penambahan suara yang menguntungkan pasangan Jonli itu dikuatkan oleh keterangan Ewe Oktalita. Menurut Ewe Oktalita yang menjadi saksi Berhasil di tingkat desa, dirinya melihat adanya penambahan 100 suara untuk pasangan Jonli.

Meskipun saksi sudah mengajukan protes, namun tidak ada yang menghiraukan protes yang diajukannya. Saksi mengungkapkan dirinya tidak berani mengikuti rekapitulasi penghitungan suara lebih jauh, sehingga dirinya memutuskan untuk kembali ke rumah.

Ewe juga menerangkan kepada majelis hakim konstitusi, saat proses repitulasi pennghitungan suara berlangsung tidak ada satupun panitia pengawas lapangan (PPL) yang hadir di lokasi.

Terhadap keterangan tersebut, ketua KPPS TPS 1 desa Niur, Sayuti, membantah jika telah terjadi penambahan suara untuk pasangan Jonli, dan saksi Pemohon telah menandatangani formulir rekalpitulasi penghitungan suara di TPS.

Atas perbedaan keterangan kesaksian itu, Akil Mochtar memanggil para saksi ke depan untuk dikonfrontir. Dari bukti dokumen yang ada, terdapat perbedaan tanda tangan Kailani dan Jolly dengan tangan tangan yang tertera pada formulir rekapitulasi penghitungan suara TPS 1 desa Niur. Akil juga meminta kepada Kailani dan Jolly untuk memberikan contoh tanda tangannya, dan setelah disandingkan ternyata tanda keduanya tetap berbeda dengan tanda tangan yang tertera di dalam alat bukti dokumen formulir salinan rekapitulasi penghitungan suara.

Pemeriksaan saksi-saksi yang diajukan para pihak akan dilanjutkan pada hari Rabu, (03/07/2013).
(Ilham/mh)

——————————————

Sumber : mahkamahkonstitusi.go.id

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

26 Balasan ke Sidang Sengketa Pemilukada Kab. Empat Lawang, MK Konfrontir Para Saksi

  1. dedymurman berkata:

    Ini salah satu contoh carut marut nya system tatanan politik di Indonesia. Bagaimana mungkin seorang kakak menjadi Bupati dan adiknya menjadi ketua DPRD, lantas dimana system kontrol yang seharusnya dilakukan oleh legislatif?, yang ada justru praktik KKN yang semakin subur!, hal ini tidak hanya terjadi di empat lawang saja bahkan di daerah lain ada sang suami menjadi walikota dan istri menjadi ketua DPRD nya dan sudah tentu segala urusan selesai diatas ranjang, ironis!

    Mereka berdalih semua dipilih oleh rakyat. Kedepan tentunya hal seperti ini tidak boleh terjadi lagi, pemerintah harus ‘mengamandemen’ UU terkait agar mereka yang punya hubungan darah maupun emosional langsung (seperti suami istri) tidak dapat bersanding sebagai eksekutif dan legislatif secara bersamaan disuatu daerah sehingga KKN di negeri ini dapat diminimalisir seminim mungkin.

  2. nora harajuku berkata:

    Semoga Berhasil….
    amiennn ya allah

  3. utsman bin affan berkata:

    Walau langit akan runtuh kebenaran dan keadilan harus tetap di tegak kan….salam semoga berhasil dan jangan kita mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan saja yg kita fikirkan bagamana agar masyarakat empat lawang bisa maju dan selalu menjunjung tinggi kedamaian, moral yang baik dan akhlak yang mulia…janganlah kita ribut kan karena berbeda pandangan dan berbeda siapa yang kita dukung

  4. Gorbacef berkata:

    Jangan sling menyalahkan, biar hakim yg memutskan.. Jangan nyadi pebango nyo ke nyadi apo..

  5. athebeckamz berkata:

    km warga tebing tinggi 4lawang,.kurang lebih 30% pilih jonli dn dak mgkin jonli curang,.dn secara logika,warga pendopo lebih luas pendduk dibnding tebing,yo kan?

    • utsman bin affan berkata:

      Mungkin kata yng lebih pas adalah (saya alias anda sendiri] bukan [kami] karena saya tidak termasuk didalamnya

  6. budi berkata:

    perjuangkan lah siapa yg benar

  7. putra 4 lawang di rantau berkata:

    SETUJU…klo sdh kalah ya kalah saja, jgn paksa org untuk berbohong dan memfitnah org DOSAAA

  8. Gorbacef berkata:

    Kita lihat nanti siapa yg trbkti curang, jangn kta memponis siapa yg salah dan yg bnar.. Hakim lbh tau mana yg bnar n salah..

  9. Putra 4 Lawang berkata:

    Begitu Hinanya Saksi HBA yg berani berbohong di Persidangan… Awas Kau Kena Azab

    • utsman bin affan berkata:

      Lebih hina siapa ya anda sendiri apa saksi dr HBA

      • percuma kita melakukan prokontra di situs ini,,apalagi sampai berkata kasar. wahai kanco2 kita disini mencari informasi dan menyaringnya sehingga kita bisa mengetahui keadaan politik di kab. kita ini. lebih baik kita berdo’a yang terpilih itulah pemimpin terbaik baik dari pilihan masyarakat maupun Allah SWT. Aminn..

    • tina 4lawang berkata:

      allah maha tau yg mana yg benar & slh jgn meponis org dlu sbb yg kita belum tentu benar

  10. Deto lintang berkata:

    Benar tau salah dari pernyataan para saksi akan terungkap di akhir persidangan nanti. Hanya kami berharap berikanlah kesaksian yg sejujurnya. Karena anda(saksi) memegang amanah masyarakat 4lawang. Sangat hinanya dan malunya anda(saksi) dan keluarga anda(saksi) bila memberikan kesaksian yang munafik dan bohong. Bersiaplah anda(saksi) dan keluarga anda(saksi) menerima hujatan dan hukuman moral dari masyarakat 4lawang karena anda(saksi) telah membohongi masyarakat 4lawang.

  11. iplan do'ang berkata:

    ayo saksi2 hba, pertahankan apa yg kalian perjuangan. yg curang harus di berantas

    • Putra 4 Lawang berkata:

      SAKSI HBA lah yg curang jgn asal bicara kau

      • utsman bin affan berkata:

        Tidak usah mendahulukan emosional kita tunggu saja keputusan dari MK janagn sepertinya anda lebih pintar dar hakim MK salam untuk kemajuan empat lawang…semoga berhasil

      • utsman bin affan berkata:

        Mungkin anda setiap hari berada di kebun terus ya jadi anda tidak paham masalah dunia politik yg anda tau hanya kekuatan otot saja…orang orang yg seperti anda ini yang harus mendapatkan pendidikan lagi biar otak cerdas dan kalau menemui masalah bisa diselesaikan dengan akal sehat bukan di selesaikan dengan adu otot ata kekuatan seperti di jaman jahiliyah

  12. Walaupun betul2 sudah kalah,tapi tetap ingin menang,segala cara pun dilakukan,bohong,haram,tetap dilakukan demi ingin mempertahan,an kekuasaan,,

    • utsman bin affan berkata:

      Itu karena anda tidak merasakan bagaimana kalau anda yang menjadi orang yang di bohongi dan di curangi broo

  13. Menurut kami warga empat lawang,tidak mungkin pasangan jonli melakukan hal tersebut karena di setiap tps orang HBA semua dan saksi jonli hanya satu,
    jadi hal tersebut tidak mungkin terjadi,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s