Cuaca ekstrim pasien ISPA meningkat

TEBING TINGGI – Pelayanan pasien rawat jalan khusus penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di RSUD Empatlawang, Sumatera Selatan, akhir-akhir ini mengalami peningkatan.

Menurut Plt Direktur RSUD Empatlawang Desi Yusniati, salah satu yang menjadi penyebab adalah faktor cuaca ekstrim yang sudah masuk kategori kemarau. Pasien yang datang berobat keluhanya rata-rata sama yaitu mengalami batuk dan flu serta beberapa diantaranya sesak nafas.

“Benar, memang ada peningkatan jumlah pasien yang memeriksakan diri, hanya saja mereka sifatnya hanya berobat jalan dan tidak dirawat inap,” ujarnya di kantornya, Jumat (21/6/2013).

Sedangkan kategori usia menurutnya beragam, dari anak-anak hingga dewasa baik laki-laki dan perempuan. Pihaknya pun mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan stok obat dan paramedis untuk melayani para pasien tersebut.

“Kesimpulan kami, gajala tersebut timbul karena faktor cuaca, dimana saat ini sudah tergolong ektrim dan berdampak kepada ketahanan tubuh,”ujarnya.

Pihaknya meminta kepada para pasien termasuk keluarga yang mengantar berobat untuk menjaga stamina diantaranya dengan mencukupi asupan gizi dan vitamin serta memperbanyak mengonsumsi air putih.

“Kita berikan obat dan kita anjurkan itu tadi, bukan hanya untuk para pasien namun umumnya kepada masyarakat,”jelasnya.
(Irhamudin)

——————————————

Sumber : SINDOnews.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s