Tunggakan Listrik Rp1,5 Miliar

TEBING TINGGI – Tunggakan rekening listrik pelanggan di wilayah kerja PLN Rayon Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang masih sangat tinggi, mencapai Rp1,3 miliar.

“Hingga Mei, total tunggakan rekening pelanggan mencapai Rp1,3 miliar. Rata-rata tunggakan antara tiga hingga enam bulan,” ujar Kepala PLN Rayon Tebing Tinggi, Sumardjoko.

Dia mengatakan, jumlah pelanggan PLN PLN Rayon Tebing Tinggi sekitar 36 ribu pelanggan. Tetapi, tingkat kesadaran pelanggan membayar rekening tepat waktu masih rendah.
Menurut dia, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya memudahkan pelanggan membayar rekening listrik. Salah satunya membuka loket semua tempat dan juga mendatangi pelanggan dari rumah ke rumah agar pelanggan bisa membayar di tempat.

“Tetapi, tetap saja masih ada pelanggan yang membandel, tidak membayar rekening listriknya tepat waktu,” katanya.
Apa tindakan PLN terhadap pelanggan menunggak? Terhadap pelanggan demikian, Sumardjoko mengatakan, pihaknya mengambil tindakan tegas berupa penertiban dan pemutusan sementara.
            
“Bagi mereka menunggak dua hingga dua bulan, kita putuskan sementara. Sedangkan menunggak tiga bulan ke atas, kita bongkar rampung instansi listriknya. Artinya kita cabut KWH meternya,” tandas Sumardjoko.
Namun ditambahkannya, dalam menghadapi pelanggan menunggak ini, pihaknya tetap mengedepankan pendekatan persuasif memberikan peringatan, tak langsung melakukan pemutusan begitu saja.

Kepala PLN Rayon Tebing Tinggi ini berharap, agar pelanggan membayar rekening listriknya tepat waktu. Pasalnya, pembayaran rekening listrik pelanggan sangat membantu biaya operasional PLN guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik.

“Kami berharap, ada kesadaran dari pelanggan PLN agar membayar rekening listriknya tepat waktu, bukan dua bulan atau tiga bulan sekali,” imbaunya.

Selain itu, Sumardjoko mengaku, pembayaran listrik tepat waktu juga memperlancar pemasukan daerah Empat Lawang.

“Dari pembayaran listrik itu kita dikenakan pajak 10 persen yang disetorkan kepada Pemda Empat Lawang. Jadi, membayar listrik tepat waktu maka pemasukan kita ke kas Empat Lawang pun lancar,” tukasnya.
(omi)

——————————————

Sumber : Palembang Pos

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s