362 Caleg Uji Publik


TEBING TINGGI – Sedikitnya, 362 orang terdiri 226 laki-laki dan 136 perempuan, mengikuti bursa pemilihan calon anggota legislatif (caleg) DPRD Empat Lawang periode 2014-2019.

Sekretaris KPU Empat Lawang, Muhammad Mursadi menjelaskan, 362 orang terdaftar dalam daftar calon sementara (DCS) memasuki uji publik yang disampaikan melalui media massa.

“Uji publik ini merupakan bagian tahapan Pemilu legislatif 2014 mendatang. Keberadaannya penting untuk memastikan agar masyarakat bisa mengetahui secara langsung siapa-siapa saja bakal calon anggota DPRD Empat Lawang mendatang,” ujar Mursadi melalui ponselnya, Jumat (14/6).

Diterangkannya, masyarakat bisa menyampaikan sanggahan maupun masukan terhadap DCS yang diumumkan. Misalnya, calon A dari partai A ternyata dikhawatirkan tidak lulus sekolah. Nah ini bisa menjadi bahan sanggahan.

Selanjutnya, KPU akan melampirkan sanggahan dari masyarakat kepada pengurus Parpol yang mendaftarkan DCS. Selanjutnya, parpol akan melakukan klarifikasi ataupun penjelasan terhadap sanggahan yang disampaikan kepada KPU.

“Prosedurnya sudah jelas, kita menyampaikan kepada pengurus Parpol. Artinya, parpol akan berkoordinasi untuk meminta penjelasan dan klarifikasi. Kemudian kembali Parpol yang akan menjelaskan kepada KPU Empat Lawang,” imbuhnya.

Bagaimana jika tak ada sanggahan? Mursadi mengatakan, langsung memasuki tahapan selanjutnya yakni penetapan daftar calon tetap (DCT).
’’Namun ya itu tadi, memasuki tahapan selanjutnya sesuai jadwal Agustus mendatang,’’ujarnya. (omi)

——————————————

Sumber : Palembang Pos

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s