KPU Empatlawang Disterilkan – Pleno Batal Dilakukan di Kantor DPRD

TEBING TINGGI – Sekretariat KPU Empatlawang, kemarin, disterilkan menjelang pelaksanaan pleno rekapitulasi Pilkada Sumsel dan Empatlawang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empatlawang.

Pantauan di Kantor KPU Empatlawang di Jalan Poros Tebing Tinggi–Pendopo kemarin, puluhan aparat gabunganTNI-Polri bersiaga di dalam dan sekitar Kantor KPU Empatlawang. Barikade kawat berduri terpasang dengan radius 100 meter dari Kantor KPU Empatlawang. Untuk pengamanan di dalam Kantor KPU Empatlawang dijaga ketat personel TNI dari Batalion Kavaleri 5 Serbu (Yonkav 5 Serbu) Karang Endah Muara Enim dan personel Kodim 0405 Lahat.

Sementara bagian luar dijaga personel Brimob Polda Sumsel serta polisi, baik berpakaian dinas maupun preman. Aparat keamanan hanya membuka satu pintu akses masuk ke Kantor KPU Empatlawang untuk mengantisipasi peristiwa yang tidak diinginkan. “Maaf mas tanda pengenalnya,” ujar salah seorang personel TNI yang berjaga di pintu masuk Kantor KPU, kemarin.

Pjs Kapolres Empatlawang AKBP Dwi Santoso mengatakan, pihaknya menerjunkan sebanyak 500 personel di-backupTNI AD untuk pengamanan di KPUEmpatlawang. “Semua orang yang masuk (ke Kantor KPU) akan diperiksa dan yang tidak berkepentingan dilarang masuk ke area KPU,” tuturnya, kemarin.

Sebelumnya, Minggu (9/6) siang hingga tengah malam, suasana di Tebing Tinggi, ibu kota Empatlawang mencekam. Santer beredar, ribuan massa dari daerah Muara Pinang dan sekitarnya akan merangsek ke Tebing Tinggi untuk mengawal perhitungan suara di tingkat KPUD. Bahkan, pada siang harinya, pelaksanaan rapat pleno tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Muara Pinang berlangsung panas dan sempat terjadi bentrok berdarah, yang memakan korban dari masing-masing massa pendukung kandidat cabup dan cawabup Empatlawang.

Sedikitnya, dua orang dari massa pendukung kandidat terluka akibat bentrok tersebut. Polisi juga mempersiapkan pengamanan dengan memasang kawat berduri sejak Minggu (9/06) sebagai antisipasi terhadap amuk massa. Untuk persiapan tersebut Komandan Bataliyon B Brimob Polda Sumsel I Made Sudaniya langsung turun tangan. “Untuk pengamanan luar KPU pasukan brimob dengan senjata lengkap disiagakan mengamankan pelaksanaan pleno.
Karena kita ingin pelaksanaan pleno berjalan lancar,” ujarnya Made, kemarin.

Sekretaris KPU Empatlawang M Mursadi mengatakan, berdasarkan jadwal pelaksanaan pleno KPU Empatlawang akan dimulai pada Selasa (11/06) sekitar pukul 09.00 WIB. Pelaksanaan di salah satu ruangan di Kantor KPU Empatlawang. “Pelaksanaan pleno akan dimulai pukul 09.00 WIB.
Namun, untuk masalah pengamanan silakan langsung ke polisi atau TNI,” ujarnya.
Mengenai batalnya rencana awal pelaksanaan pleno yang akan dilaksanakan di Kantor DPRD Empatlawang, dirinya membenarkan. Namun demikian, dirinya enggan menjelaskan pembatalan tersebut. Sedangkan para komisioner KPU Empatlawang, kemarin tidak tampak di Sekretariat KPU Empatlawang, kemarin.
Bahkan, nomor telepon para komisioner tidak ada yang aktif saat dihubungi. “Mereka tadi cuma sebentar terlihat di sini (Kantor KPU) kemudian pergi lagi,” ujar seorang polisi yang bertugas di KPU Empatlawang, kemarin.

Sementara itu, massa pendukung kandidat nomor urut 1, H Budi Antoni Aljufri-H Syahril Hanafiah (Berhasil) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empatlawang sekitar pukul 17.00 WIB kemarin.
Mereka meminta KPU melakukan rekapitulasi ulang hasil pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Muara Pinang, yang dilakukan pada Minggu (9/6). Menurut mereka hasil pleno PPK Muara Pinang terindikasi adanya kecurangan dan penggelembungan suara.
( Irhamudin )

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s