“BERHASIL” Gugat DPT

TEBING TINGGI – Surat gugatan tim pemenangan pasangan incumbent H Budi Antoni Aljufri, SE, MM dan H Syahril. S.Ip, MM, yang menggugat Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD) Empatlawang melalui surat tertanggal 23 April 2013 lalu dengan tembusan ke KPUD dan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan untuk segera dilakukan Verifikasi ulang.

Melalui tim advokasinya, pasangan dengan jargon bersama HBA-Syahril (BERHASIL) ini meminta dilakukannya verifikasi ulang DPT di sejumlah wilayah. Antara lain, di Desa Sawah dan Desa Muara Pinang Baru, Kecamatan Muara Pinang. Sebab terjadi perubahan cukup signifikan, jika dibandingkan dengan data real DPT Pemilu 2009 lalu.

“Kita mendesak KPUD melakukan verifikasi ulang, karena perbedaan DPT di sejumlah wilayah itu cukup tidak wajar dan patut dipertanyakan,” ungkap Ketua tim Advokasi pasangan BERHASIL, Agus Yuliono, SH, kemarin.

Dijelaskan Agus, beberapa kejanggalan mata pilih yang dilaporkan antara lain, data real DPT desa Sawah pada Pemilu 2009 lalu hanya 1812 mata pilih, sementara pada Pilkada 2013 ini data ditetapkan PPK dan sudah melalui pleno KPUD mencapai 2520 mata pilih. Jadi penambahan mata pilih mencapai 708, dalam hitungan lebih kurang empat tahun terakhir.

Sementara itu di desa lainnya yaitu Muara Pinang Baru, data DPT pada pemilu 2009 lalu sebanyak 2588 mata pilih, ada pengurangan siknifikan pada DPT pilkada kali ini menjadi 1933 mata pilih. Ini terjadi pengurangan besar, sekitar 655 mata pilih.

“Kalau panwaslu Kabupaten sudah ada surat balasan berupa rekomendasi tindak lanjut akurasi DPT, nah saat ini kami mendesak agar masalah ini bisa diselesaikan dengan verifikasi ulang DPT,” jelas Agus Yuliono.

Ditanya kemungkinan terjadi selisih pendataan antara kedua desa dimaksud, Agus Yuliono menampik itu. Sebab, kata dia, kemungkinan selisih pendataan itu kecil karena jarak antara kedua desa cukup jauh sekitar 7 kilometer dan dipisahkan oleh sekitar 4 desa.

Menurut dia, tim Incumbent hanya ingin ada kejelasan data, agar kesempatan menyampaikan hak suara masyarakat tidak disalahgunakan atau bahkan tidak bisa memilih. Sebaliknya, ini juga sebagai antisipasi terjadinya kecurangan penggelembungan suara dan sengketa Pilkada.

“Kita menyayangkan hasil DPT ini, makanya kita harap KPUD bisa lebih jeli agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari,” katanya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Empat Lawang, Akhmad Husein, SE, ketika dikonfirmasi membenarkan pihaknya sudah mendapat tembusan surat gugatan dari tim pasangan BERHASIL mengenai kejanggalan DPT di Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang. Namun, kata dia masalah itu sudah dua minggu yang lalu sebelum ditetapkannya DPT Provinsi Sumsel. Nah sekarang kan DPT provinsi sudah ditetapkan.

“Kami sudah menyampaikan rekomendasi ke KPU agar masalah itu ditindaklanjuti secepatnya, sebelum DPT Provinsi ditetapkan,” kata Husein.
( tono )

——————————————

Sumber : KABARkite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s