Sampah Meluber ke Jalinsum

TEBING TINGGI – Keberadaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talang Gunung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empatlawang, semakin semrawut. Bahkan, kini sampah kembali menggunung di pinggir jalan lintas Sumatera (Jalinsum).

Berbagai jenis sampah menumpuk di lokasi tersebut, dari sampah pasar seperti plastik bekas kemasan hingga sampah limbah rumah tangga. Kondisi tersebut sudah sering dikeluhkan pengendara yang melintas di Jalinsum. Namun, sepertinya pihak terkait tidak mengambil pusing mengenai hal tersebut.

Seorang warga yang suka memungut barang bekas dilokasi tersebut, Yus, mengatakan, sampah kembali menumpuk dan tidak dibuang ke balik tembok TPA tersebut sekitar sebulan lalu.
Padahal sebelumnya truk dari petugas kebersihan menumpahkan sampah ke baliktembok TPA.

“Kalau kami cuma mencari barang yang masih laku dijual saja, sambil menyingkirkan sampah agar tidak bertebaran ke jalan,” kata Yus saat ditanya soal kembali menggunungnya sampah di pinggiran Jalinsum.

Pengamatan di lokasi, kapasitas tempat pembuangan di balik tembok TPA masih sangat banyak. Apalagi lokasi tersebut masuk kategori jurang. Hanya saja petugas kebersihan tidak ingin repot dan hanya membuang sampah di sisi tembok TPA yang berada tepat di pinggir Jalinsum. Sehingga terkadang sampah menjadi bertebaran di jalan raya. Berbagai pihak sudah mendesak, agar lokasi TPA tersebut dipindahkan karena lokasinya dianggap tidak tepat dan tidak representatif.

Sementara itu, pihak Pemerintah Kabupaten Empatlawang menyatakan, saat ini Pemkab Empatlawang sudah menyediakan lokasi baru untuk TPA seluas 6,5 hektare di kawasan jalan poros Tebing Tinggi-Pendopo. Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Empatlawang M Azhari mengatakan, pihaknya pada 2012 silam sudah melakukan ganti rugi atas lahan tersebut. Jadi, saat ini sudah menjadi milik Pemkab Empatlawang.

Lokasi tersebut akan dijadikan lokasi pembangunan TPA yang baru karena TPA lama sudah dianggap tidak layak, baik secara lokasi maupun kondisi. Apalagi sampah yang dibuang di TPA Talang Gunung tidak dibuang di TPA, tapi dipinggiran tembok, sehingga bertebaran di pinggir jalan.

“Sudah diganti rugi dan siap bangun, lokasinya di Km 12 Jalan Poros dan untuk kelanjutan pembangunannya menjadi kewenangan pihak Dinas PU Cipta Karya,” ujar dia.

Terpisah, Camat Tebing Tinggi Alhumaidi Saman menyayangkan masih adanya petugas yang membuang sampah bukan di balik tembok TPA sehingga sampah menumpuk di pinggir jalan. Karena itu, pihaknya sangat mendukung lokasi TPA segera dipindahkan.

“Semestinya buangnya di balik tembok, jadi sampah tidak menumpuk di pinggir jalan Jalinsum seperti itu,” pungkas Alumaidi.
( Irhamudin )

——————————————

Sumber : Koran sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s