PMI Empat Lawang Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

TEBING TINGGI – Sebanyak 21 orang mengikuti Operasi Bibir Sumbing secara gratis, yang digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Empat Lawang di RSUD Empat Lawang, sabtu(13/4) kemarin.

Ketua PMI Empat Lawang, Hj Suzzana Antoni mengatakan, operasi bibir sumbing merupakan salah satu agenda rutin PMI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Empat Lawang. “Agenda ini kita buat menjadi rutin setiap tahunnya, jika memungkinkan maka kita bisa menggelar Operasi Bibir Sumbing secara gratis setiap bulannya,” ungkapnya seusai meninjau operasi Bibir Sumbing di RSUD Empat Lawang.

Ditambahkannya, operasi bibir sumbing dilakukan karena melihat banyak anak-anak dan orang dewasa di Empat Lawang sangat terganggu dengan cacat sejak lahir tersebut sehingga PMI berinisiatif untuk menggelar operasi bibir sumbing.

“Kita kasian melihat anak-anak yang menderita karena cacat dari lahir, bahkan ada tiga yang masih umur 7 hingga 9 bulan yang ikut operasi,” ucapnya.
Harapannya, sambung Suzzana dengan adanya operasi bibir sumbing gratis ini maka bisa membantu masyarakat yang menderita bibir sumbing sehingga bisa lebih percaya diri dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

“Kita berharap setelah operasi dilakukan, maka semangat untuk terus menghadapi hidup semakin baik,” harapnya.

Disampaikannya, ada sekitar 18 pasien yang dioperasi oleh tim dokter bedah plastik dari Palembang dan Tiga sisanya langsung dioperasi ke Palembang karena cukup sulit.

“Kita sebenarnya sudah siap melakukan operasi, karena semua alat-alat yang dibutuhkan untuk operasi disini sudah lengkap tinggal lagi dokter bedahnya saja,” ucapnya.

Bupati Empat Lawang, Budi Antoni Aljufri (HBA) sangat terharu melihat anak-anak dibawah umur satu tahun harus dioperasi, karena secara tenaga anak-anak itu belum bisa sekuat orang dewasa ketika harus dioperasi.

“Saya sangat sedih melihat anak- anak umur 7 bulan harus dioperasi, tetapi bagaimana lagi karena ini demi kebaikan si anak agar ia bisa percaya diri ketika besar nanti,” ungkapnya.

HBA mengaku sangat mengapresiasi kegiatan rutin PMI tersebut, bahkan ia merencanakan untuk terus melakukan operasi bibir sumbing di Empat Lawang.

“Saya perintahkan Camat dan Kades untuk terus mencari anak-anak atau orang dewasa yang memang menderita cacat bibir sumbing untuk dilaporkan kepada PMI agar segera didata dan dioperasi,” pungkasnya.
( Tono )

——————————————-

Sumber : KABARkite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s