PN Belum Terbentuk, Proses Persidangan Terganggu

TEBING TINGGI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebing Tinggi sudah terbentuk. Namun belum diiringi pembentukan Pengadilan Negeri (PN). Akibatnya, pelaksanaan sidang perkara yang ditangani Kejari Tebing Tinggi tetap ke PN Lahat, meskipun butuh waktu perjalanan panjang sampai dua jam.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tebing Tinggi, Azwan Z hakim SH MH membenarkan, bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi kepada Ketua PN Lahat. Namun tetap saja, tak bisa dilaksanakan sidang di Tebing Tinggi.

Hal tersebut terjadi lantaran majelis hakim yang dimiliki PN Lahat sangat minim, hanya berjumlah lima orang hakim.

“Makanya sekarang kami ikuti saja, sudah ditetapkan jadwal sidang hari khusus yakni setiap Rabu di PN Lahat,” ujar Kajari Tebing Tinggi.

Dijelaskannya, kami mengakui sidang di Lahat bukan kendala atau hambatan tapi merupakan tantangan. Sebab para hakim harus membawa terdakwa ke PN Lahat dengan pengawalan ketat bantuan aparat kepolisian di Empat Lawang.

Begitu pula saksi yang sebenarnya banyak kesulitan harus pergi ke Lahat karena harus dijemput dan difasilitasi agar dapat memberikan kesaksian ke ruang sidang PN Lahat.

“Ini sudah resiko, ya pandai-pandai kita menjalaninya. Soal saksi kita jemput dan faslitasi. Begitu juga terdakwa, ramai-ramai kita angkut ke Lahat,”imbuhnya.

Dalam hal transportasi, tidak mengalami hambatan karena sudah memiliki dua armada pengangkut tahanan yang selalu siaga melakukan perjalanan.

Kedepan, pihaknya masih menunggu keputusan Kejagung, karena PN Lahat sudah melakukan permintaan hakim.
Jika memungkinkan dan hakim bertambah sidang baru dapat di gelar di ruang sidang PN Tebing Tinggi.

“Sekarang kita masih konsen dahulu melakukan pembenahan didalam dan melanjutnya perkara yang terhutang bagi kita dahulu,”pungkasnya. (pd)

——————————————

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Hukum dan Kriminalitas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s