Empatlawang Petakan Hasil Pertanian

TEBING TINGGI – Untuk meningkatkan kualitas dan pertumbuhan ekonomi di Empat Lawang, Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP3) melakukan pemetaan daerah.
Pemetaan ini mengelompokkan daerah sesuai alam, letak geografis, iklim, dan kesuburan tanah.

Untuk Kecamatan Tebing Tinggi, difokuskan menjadi produksi buah durian dan duku. Karena sejak dulu, kawasan ini sudah banyak ditumbuhi tanaman yang sangat digemari oleh masyarakat.
Kecamatan Pendopo kondisi alamnya banyak sumber air. Kawasan tersebut dijadikan lokasi perikanan dan ternak unggas.
“Semua kita petakan berdasarkan kekayaan setempat,”ujar Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP3), Rudianto, kemarin.

Lalu, Kecamatan Muara Pinang dan Ulu Musi dijadikan tempat penghasil buah manggis. Sedangkan centra jagung dipercayakan pada Kecamatan Muara Pinang karena struktur tanah yang cukup baik.

Sedangkan Lintang Kanan, juga dijadikan kawasan pertanian.“Pemetaan daerah ini memudahkan untuk memusatkan hasil pertanian dan juga bisa menstabilkan harga, karena bukan hanya satu kawasan saja yang memiliki hasil,”ujarnya.

Melalui pemetaan ini, lanjutnya, pemerintah bisa mengonsentrasikan pengawasan dan penyuluhan dan juga harga hasil panen pun akan normal.

“Apabila seluruh daerah memiliki hasil pertanian yang sama, maka dampaknya akan berpengaruh pada harga jual hasil panen,”jelas Rudianto. (irw/ce4)

——————————————

Sumber : Sumatra Ekspres

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Empatlawang Petakan Hasil Pertanian

  1. teni widia berkata:

    semoga saja empat lawang bisa jauh lebih maju pola fikirnya, amin, dan semoga petani-petaniya bisa hidup dengan layak, saran saya pemerintah empat lawang bisa memberi solusi untuk hasil pertanian daerah empat lawang supaya kita bukan hanya memanen saja dari yang mentah sedangkan hasil bersihnya kita limnpahkan ke daerah laiin. semoga kita bisa memfaatkan hasil pertanian daerah kita sendiri menjadi sesuatu produk khas empat lawang sendiri,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s