Tunggu 11 Tahun Baru Bisa Naik Haji

TEBING TINGGI –Warga Empatlawang yang ingin menunaikan ibadah haji dan mendaftar sekarang harus menunggu selama 11 tahun, baru kemudian bisa berangkat ke tanah suci.

Karena, saat ini jumlah daftar tunggu keberangkatan bagi calon jamaah haji (calhaj) sudah masuk untuk kuota keberangkatan tahun 2024 mendatang. Sementara jumlah daftar tunggu keberangkatan calhaj asal Kabupaten Empatlawang hingga kini sudah mencapai 700 pendaftar.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Empatlawang HM Khusrin melalui Kasi Haji dan Umrah Anas Djauhari mengatakan, jumlah pendaftar tersebut terus bertambah. Sehingga menurutnya, jika untuk kuota keberangkatan satu tahun sudah penuh, otomatis masuk ke daftar tunggu tahun berikutnya.

“Memang begitu kondisinya, mendaftar sekarang saja berangkatnya tahun 2024 nanti, itupun tidak lama lagi sudah penuh dan sudah beralih untuk kuota keberangkatan tahun berikutnya,”ujarnya.

Untuk pendaftar asal Kabupaten Empatlawang menurutnya berdasarkan nomor kuota yang dilaporkan ke pihaknya cukup tinggi. Dari awal Januari hingga pertengahan Maret ini jumlah pendaftar asal Empatlawang sudah mencapai 40 pendaftar. Dimana untuk tahun keberangkatannya antara tahun 2023 dan 2024 mendatang.

“Untuk pendaftar di tahun ini asal Empatlawang kami yakin akan terus bertambah, termasuk jadwalnya juga akan semakin lama. Karena untuk pemenuhan kuota satu tahun keberangkatan waktunya tidak terlalu lama, karena berlaku sistem online,”jelasnya.

Sementara untuk jumlah calhaj asal Kabupaten Empatlawang yang dijadwalkan akan berangkat tahun ini sebanyak 38 jamaah. Jumlah tersebut menurut Anas mengalami kenaikan dibanding tahun 2012 lalu.
Dimana tahun lalu jumlah jamaah asal Kabupaten Empatlawang sebanyak 22. Penambahan tersebut juga dikarenakan ada pengalihan daftar keberangkatan calhaj yang terdaftar di Kabupaten Lahat namun berdomisili di Empatlawang.

Terpisah, pihak perbankan tempat dimana para pendaftar calhaj untuk mendapatkan nomor porsi mengatakan, untuk pendaftar asal Empatlawang jumlahnya masih berkisar antara 4-6 pendaftar.
Seperti diungkapkan Pimpinan Bank BPD Sumsel Babel Cabang Pembantu Tebing Tinggi Rizwan Alha, pihaknya tidak bisa mengklaim apakah jumlah tersebut termasuk sedikit. Karena untuk layanan dana talangan haji, bukan hanya mereka saja yang melayani.

“Dengan menyetorkan dana sebesar Rp25 juta mereka sudah mendapatkan nomor porsi keberangkatan,”ujarnya. ( rhamudin )

——————————————-

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s