HBA ; Tingkatkan Kebersamaan Di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati

TEBING TINGGI – Bupati Empatlawang, Budi Antoni Aljufri tak henti- hentinya mengajak masyarakat Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati untuk meningkatkan kebersamaan antar sesama warga. Sebab, kebersamaan bisa menjadi antisipasi tindak kriminalitas dan teror di kalangan masyarakat dan pemerintah.

“Masyarakat harus memahami kembali arti simbol budaya, sehingga seiring perkembangan zaman konsep kebersamaan dan saling menghormati dapat terus dijaga. Dapat dimulai dari diri sendiri selanjutnya dalam bermasyarakat, karena inilah filter awal dari segenap ancaman terorisme ataupun tindak kriminalitas lainya,” ungkap HBA baru baru ini.

Menurutnya, dalam penerapan kebersamaan ditingkat desa, seorang kepala desa harus mampu memberikan teladan yang baik bagi masyarakatnya. Terutama dalam hal keamanan, ketentraman serta kenyamanan masyarakat untuk tinggal di desa itu.

“Kades wajib memberikan teladan yang baik bagi warganya, terutama bisa memberikan rasa kenyamanan warga untuk bertempat tinggal,” kata HBA.

Mengenai pencegahan teroris, tindak kriminal dan hal negatif lainnya bukan semata-mata kewajiban bagi anggota kepolisian. Melainkan semua warga beserta kadesnya pun ikut bertanggung jawab bersama-sama dalam satu kekompakan menjaga desanya. Harus diketahui seorang anggota kepolisian juga manusia. Terlebih lagi di Empatlawang dengan luas wilayah yang cukup besar, disbanding jumlah personil kepolisan memang masih kekurangan.

Dicontohkan HBA, salah satu nilai budaya yang saat ini mulai tergerus yaitu rasa hormat terhadap pemimpin, berbeda denga masa dahulu yang memang penuh rasa hormat dengan seorang pemimpin. Hal ini harus diciptakan lagi, setidaknya kebudayaan daerah jangan sampai hilang.

“Contoh lainnya dalam memberikan hukuman adat, jika terdapat warga yang melakukan kesalahan dapat diberikan hukuman positif sebagai efek jera dan pencegahan. Sama halnya dengan saat ini, masyarakat harus mendukung pemerintah dan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban didaerahnya. Selagi kades bisa menghimpun masyarakatnya selanjutnya bekerjasama dengan tokoh adat, tokoh agama, pemuka masyarakat serta anggota kepolisian, mudah-mudahan Empatlawang aman dan kondusif,” imbuhnya. ( Tono )

——————————————

Sumber : KABARkite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s