Penyebab keracunan masih tunggu hasil lab

TEBING TINGGI – Penyebab puluhan warga Desa Lubuk Buntak, Kecamatan Talang Padang yang mengalami keracunan kemarin, hingga kini belum bisa dipastikan. Namun demikian, aparat kepolisian dan Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, telah mengirimkan sampel makanan dan minuman yang dikonsumsi warga, ke Laboratorium Forensik di Palembang.

Hal ini dikatakan Plt Direktur RSUD Empat Lawang, dr Dessy Taufik, saat dihubungi via ponselnya kemarin. “Sampel yang kami terima dari keluarga korban, sudah diserahkan ke aparat kepolisian dan Dinkes. Merekalah yang lebih berhak mengirimkan sampel tersebut ke Laboratorium,” ungkap dr Dessy.

Dijelaskan dr Dessy, jumlah korban yang menderita keracunan mencapai 33 orang. 29 orang mendapat perawatan inap di RSUD Empat Lawang, 4 orang lainnya hanya rawat jalan.
Namun, semua korban dalam kondisi baik, setelah mendapatkan perawatan medis.

“Semua korban sudah mendapatkan perawatan, dan alhamdulillah tidak ada yang dirujuk ke luar daerah. Korban hanya kekurangan cairan, setelah beberapa kali muntah,” jelasnya seraya menambahkan, korban yang sudah pulih diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Empat Lawang, Khairullah M Si mengatakan, bahwa tim dari Dinkes Empat Lawang sudah berangkat ke Palembang hari ini (kemarin, red), dengan membawa sampel makanan dan minuman yang menyebabkan puluhan warga keracunan.

“Sampelnya sudah dibawa ke Palembang, oleh tim dari Dinkes Empat Lawang agar bisa mengetahui penyebab warga yang keracunan,” kata Khairullah seraya mengatakan, hasil laboratorium bisa diketahui 2 minggu hingga satu bulan kedepan.

Sementara itu, Kapolsek Talang Padang, AKP Nasrullah mengatakan, hingga kini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan mengumpulkan barang bukti serta memintai keterangan dari korban dan saksi. “Penyebab puluhan warga yang keracunan belum bisa dipastikan, karena masih menunggu hasil laboratorium dari tim ahli. Kami juga masih mengumpulkan barang bukti serta memintai keterangan warga,” ujar Nasrullah kemarin.

Seperti diberitakan kemarin, puluha warga Desa Lubuk Buntak, Kecamaatan Talang Padang dan sekitarnya, mengalami mual, kepala pusing serta muntah-mutah setelah menkonsumsi makanan jenis Tekwan dan minuman es Segar Sari.

Awalnya korban yang dirujuk ke RSUD Empat Lawang hanya 18 orang, namun terus bertambah hingga malam harinya dan korban keracunan mencapai 33 orang. 4 orag diantaranya hanya mendapatkan rawat jalan, sisanya harus rawat inap karena kondisi tubuh korban mulai lemah kehabisan cairan. ( Tono )

——————————————

Sumber : KABARkite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s