Meski Baru, Berharap Tiga Besar

TEBING TINGGI – Kabupaten Empatlawang, Sumateraselatan melalui Badan Pemberdyaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) menargetkan, perwakilan desa dari daerahnya bisa masuk tiga besar pada lomba desa tingkat Provinsi 2013 ini.

Meskipun Empatlawang sebagai kabupaten yang baru dimekarkan, namun bagi pihaknya bukan berarti tidak bisa menjadi yang terbaik diantara sekian banyak desa yang ada di Bumi Sriwijaya.

Sesuai dengan jadwal yuang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat, bulan Februari dan Maret 2013 merupakan jadwal lomba desa di tingkat kecamatan. Akhir maret nanti, laporan pemenangnya harus sudah dilaporkan pihak kecamatan ke pemerintah daerah melalui BPMPD. Sedangkan untuk tingkat Provinsi, masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat, karena pertengahan 2013 bertepatan dengan jadwal Pemilukada Sumateraselatan dan Empatlawang Sendiri.
Hal ini dikatakan Kepala BPMPD Empatlawang, H Aminudin Bahar, melalui Sekretaris BPMPD, Rasyidi.

Pihanya berharap pada lomba desa kali ini daerah ini bisa memperoleh predikat tiga besar sebagai desa teladan. Diakuinya, perlu usaha dan kerja keras dari semua pihak agar target tersebut bisa dicapai. “Target kita masuk 3 besar, meskipun perjuangannya sangat berat. Setidaknya bisa memperbaiki peringkat dari tahun sebelumnya,” imbuhnya seraya menambahkan, lomba desa ini bertujuan untuk membangun desa dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap desanya masing-masing.

Masih menurut Rasyidi, sebelum mengikuti lomba desa di tingkat Provinsi, tentunya harus dilakukan seleksi yang ketat di tingkat kecamatan. Pemenang dari masing-masing kecamatan, akan dilombakan lagi pada tingkat kabupaten. “Ada 10 desa yang terpilih nanti, mewakili dari kecamatannya masing-masing. Pemenangnya, akan mewakili Empatlawang pada lomba desa tingkat Provinsi Sumsel yang akan dilaksanakan pada pertengahan 2013 mendatang,” paparnya.

Sementara untuk kategori yang dilombakan, meliputi bidang pendidikan, kesehatan, pemerintaha desa, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat dan kesejahteraan keluarga serta PKK.
Sedangkan untuk tim penilai, terdiri dari tim BPMPD, Dinkes, Disdik, PKK dan Tapem.

Untuk diketahui, pada lomba desa tingkat Provinsi Sumsel tahun 2012 lalu, Empatlawang diwakiili oleh Desa Lubuk Cik, Kecamatan Lintang Kanan dan berhasil meraih peringkat harapan III. ( Tono )

——————————————

Sumber : KABARkite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s